Game Pelatihan – Risk Quotient

Game Pelatihan – Risk Quotient

Game pelatihan Risk Quotient ini sangat sesuai dimainkan untuk melihat sejauh mana peserta dan timnya berani mengambil resiko dengan melihat kondisi yang ada. Antara lain: performa mereka di masa lalu (past performance) dan kompetitor.
Game ini sangat cocok dimainkan untuk materi pelatihan yang berkaitan erat dengan pengambilan resiko dalam membuat keputusan. Tidak ada yg benar dan salah dalam permainan ini.

Tujuan game pelatihan
– Melihat bagaimana cara peserta menghadapi resiko
– Mempertimbangkan resiko vs benefit
– Mengendalikan resiko

Peserta game pelatihan
Semua peserta pelatihan

Waktu game pelatihan
30 – 45 menit

Setting game pelatihan
Peserta duduk di tempat masing-masing sesuai dengan kelompoknya

Perlengkapan game pelatihan
– 6 bola beraneka yang sudah ditulis angka 1-9 di tiap-tiap bola. Misal: Angka 1 pada bola merah, angka 2 pada bola orange, dst. + kantung kain tidak tembus pandang (untuk tempat bola) ATAU bola diganti dengan..
– dadu

Proses game pelatihan
Game pelatihan ini ini bisa dimainkan tertutup atau terbuka. Tertutup bila skor masing-masing kelompok dibuka hanya pada saat akhir. Terbuka bila skor semua kelompok ditulis di flipchart dan dapat dilihat oleh kelompok lain semenjak awal game dimainkan. Tujuannya adalah selain melihat bagaimana kelompok bereaksi terhadap resiko yang dihadapi juga bisa digunakan untuk melihat pertimbangan pertimbangan apa yang dilakukan kelompok dalam mengambil keputusan berdasarkan resiko yang dihadapi. Pemenangnya adalah kelompok yang mencapai nilai paling tinggi.

Cara bermain: fasilitator meminta tiap kelompok untuk mengambil bola yang ada di dalam kantong. Tiap peserta yang mewakili kelompok hanya boleh mengambil 1 buah bola. Nilai pada bola yang keluar dicatat di flipchart dan dijumlahkan dengan nilai yang didapat oleh anggota lain. Skor totalnya menjadi skor kelompok.

Agar lebih seru mainkan game pelatihan ini menjadi beberapa putaran.
Putaran 1 nilai yang keluar ditulis sesuai dengan nilai pada bola.
Putaran II: jika nilai yang keluar ganjil, maka nilainya akan dikalikan dengan (+)2. Sedangkan jika nilai yang keluar genap maka akan dikalikan (-)2. Agar seru, mainkanlah 3-4 putaran. Agar lebih meriah Anda bisa juga memilih ‘tangan hoki’ yang paling banyak memberikan nilai bagi kelompoknya. Jika Anda tidak punya bola yang cukup, maka dapat digunakan dadu sebagai penggantinya.

Setelah selesai, bahaslah pelajaran yang bisa dipetik dari game ini.

Selamat mencoba dan berhasil!
gambar: ajimetamorfosa.blogspot.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *