Game Pelatihan – Oper Bola

Game Pelatihan – Oper Bola

Game pelatihan ini sangat cocok untuk ice breaking sebelum pelatihan dimulai. Selain itu game ini bisa juga dilakukan siang hari untuk membuat peserta tetap dalam konsentrasi tinggi. Game ini sebenarnya membuat peserta mereview kembali materi tanpa sadar dan dalam suasana yang menyenangkan.

Tujuan game pelatihan
– Untuk ice breaking atau untuk review materi pelatihan
– Melatih konsentrasi dan knowledge peserta selama pelatihan dilakukan

Peserta game pelatihan
Semua peserta pelatihan

Waktu game pelatihan
10 sampai 15 menit ( sebaiknya tida terlalu lama dilakukan karena dapat membuat peserta menjadi bosan)

Setting game pelatihan
melingkar atau dapat pula dilakukan dari tempat duduk masing masing

Perlengkapan game pelatihan
Bola kecil dari plastik / kertas yang diremas remas hingga berbentuk bola

Proses game pelatihan
Dalam game pelatihan ini peserta diminta membuat posisi melingkar. Kemudian fasilitator akan menjelaskan kepada peserta pelatihan aturan permainan yang digunakan.
Setiap peserta pelatihan akan diminta untuk menangkap bola yang akan dilemparkan secara acak. Lemparan pertama dilakukan oleh fasilitator sedangkan lemparan kedua dilakukan oleh orang yang menerima operan bola pertama. Orang yang telah menerima operan bola sebaiknya tidak diberi operan bola lagi. Sebelum orang yang menerima bola melanjutkan operan bolanya, ia harus menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pengoper bola. Jika benar, barulah ia boleh mengoperkan bola tersebut ke orang lain. Kemudian, peserta yang menerima bola tersebut diwajibkan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh si pengoper bola. Bila gagal menjawab, maka dapat diberikan ‘hadiah’. Demikian seterusnya.

Game ini dapat dimodifikasi pula menjadi lomba antar kelompok. Cara yang digunakan lebih kurang sama. Namun, karena sifatnya lomba, maka sediakan hadiah bagi pemenang kelompok. Uniknya, peserta yang berhadapan boleh memilih mengoper kepada orang yang dipilihnya. Jadi, walaupun ini game kelompok, namun masing-masing orang bertanggungjawab kepada dirinya sendiri. Karena jika ia gagal menjawab maka ia wajib meninggalkan kelompoknya. Pemenang game ini adalah kelompok yang masih menyisakan anggota terbanyak.

Pertanyaan yang diberikan dapat diambil dari materi yang telah diberikan sehingga dengan cara seperti ini tanpa sadar peserta telah melakukan review akan materi pelatihan dengan melakukan game pelatihan dengan cara yang unik.

gambar: wikihow.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *