Game Pelatihan Menirukan Gerakan

Game Pelatihan Menirukan Gerakan

Game Pelatihan Menirukan Gerakan. Game Pelatihan ini bisa digunakan hampir di semua waktu saat pelatihan dilakukan. Game pelatihan menirukan gerakan ini juga bisa dihubungkan dengan topik yang sedang dibahas, komunikasi misalnya.

Tujuan game pelatihan
– Meningkatkan konsentrasi
– Melatih kecepatan gerak

Peserta game pelatihan
Semua peserta pelatihan

Waktu game pelatihan
5-10 menit, termasuk briefing

Proses Game Pelatihan Menirukan Gerakan
1. Mintalah peserta untukk berdiri membentuk lingkaran besar sehingga semua orang bisa melihat satu dengan yang lainnya. Kemudian sampaikan game pelatihan menirukan gerakan ini dimana tujuannya adalah setiap orang diminta untuk menirukan gerakan teman yang ada di depannya. Kemudian fasilitator membagi kelompok menjadi dua besar. Setelah itu mintalah mereka saling berhadapan dan menentukan siapa orang pertama dan siapa orang kedua.

2. Sampaikan cara bermain sebagai berikut: Peserta pertama membuat gerakan. Gerakan ini bisa dari mimik muka, tangan, badan, kaki tetapi tidak berpindah tempat. Loncat masih diperbolehkan. Peserta kedua sebisa mungkin menirukan gerakan yang dilakukan oleh peserta pertama. baik itu mimik wajahnya ataupun gerakan yang lain yang dilakukan orang pertama. Setelah beberapa waktu (waktu ditentukan oleh fasilitator. biasanya antara 20-30 detik per giliran) maka orang kedua yang melakukan gerakan dan orang pertama yang wajib menirukan gerakan yang dilakukannya.

3. Bagaimana menentukan pemenangnya? pemenangnya adalah yang paling banyak benarnya dalam menirukan gerakan temannya. Karena itu, berilah peran kepada orang ketiga sebagai pengamat. Apa harus ada pemenangnya? Tidak. Bisa saja ini sebagai ice breaking ditengah suasana kelas yang mulai redup. Just for fun, tidak mesti harus ada hadiah yang diberikan.

4. Game pelatihan menirukan gerakan ini bisa dimodifikasi atau disesuaikan sesuai kondisi kelas. Misalnya, dengan menambahkan musik yang lagunya sudah di remix sehingga tiap berganti lagu maka itu adalah tanda terjadi pertukaran peran antara orang pertama dan orang kedua sebagai peniru gerakan.

5. Setelah selesai, silahkan ditanyakan kepada peserta mudah dan susahnya bermain game ini. Jika hal tersebut ternyata cocok dengan materi yang sedang Anda bawakan, maka akan lebih mantab.

Selamat mencoba!
gambar: youtube.com
Game Pelatihan Menirukan Gerakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *