Game Pelatihan Meniru Gerakan

Game Pelatihan Meniru Gerakan

Game pelatihan Meniru Gerakan ini bisa digunakan dalam sesi sebelum sesi dimulai atau bisa juga digunakan saat Anda membahas mengenai kecepatan / ketangkasan dan juga strategi untuk memenangkan persaingan. Jika Anda hanya ingin fun saja, bisa juga. Tinggal memberikan instruksi, lalu mainkan. Game ini diperkenalkan oleh Desmond Saw, seorang pakar pelatihan dari negeri singa.

Tujuan game pelatihan
– Ice breaking
– Melatih strategi dan kecepatan

Peserta game pelatihan
Semua peserta pelatihan, fasilitator dan asisten fasilitator dapat pula ikut bermain dalam game ini

Waktu game pelatihan
15-30 menit, termasuk briefing untuk peserta 20 orang.

Alat game pelatihan
– Taplak meja besar / selimut

Proses game pelatihan meniru gerakan
1. Minta setiap orang dalam kelas untuk menirukan satu gerakan, apa saja. Sebisa mungkin gerakan yang dilakukan oleh tokoh terkenal dalam film atau keseharian yang menjadi ciri khas tokoh tersebut. Misalnya: Gerakan James Bond, Robin Hood, dll.
2. Setiap seseorang selesai memperagakan gerakannya, maka peserta lain harus menebak tokoh siapa yang ditirukan gerakannya.
3. Kemudian, peserta lain harus menirukan gerakan yang dilakukan. Lakukan hingga setiap orang melakukan gerakannya dua kali sehingga peserta lain sedikit banyak bisa menghafal.
4. Hingga tahap ini, jangan bocorkan kepada peserta bahwa yang harus mereka lakukan adalah menebak gerakan yang telah dilakukan. Biarkan peserta bertanya-tanya.
5. Kemudian bagilah kelas menjadi dua group yang sama besar. Metodenya terserah fasilitator. Bisa dengan berhitung atau langsung dibagi kelas bagian kanan melawan kelas bagian kiri. Jika jumlahnya ganjil tidak apa apa, asal pastikan menghitung jumlah awal peserta di masing-masing group.
6. Setelah kelas berhadapan, umumkanlah bahwa mereka akan berkompetisi. Caranya, kompetisi dilakukan perorangan tetapi dalam group, sehingga group harus memilih siapa yang akan dipilih untuk menghadapi pihak lawan. Tetapi, pihak lawan tidak boleh mengetahui siapa perwakilan group.
7. Untuk itu, tempatkan taplak meja besar / selimut sebagai pembatas antar kelompok. Pembatas ini dipegang oleh dua orang di kedua sisinya.
8. Sebelum memulai, taplak diangkat, kemudian masing masing orang dari perwakilan group berada di balik taplak / selimut. dengan posisi saling berhadapan.
9. Ketika taplak diturunkan, maka siapa yang paling cepat menirukan gerakan yang dibuat oleh orang tersebut di sesi sebelumnya, dialah pemenangnya. Group pemenang akan mendapatkan tambahan anggota dari yang kalah. Hmm… pasti seru buat yang suka kagetan.

Selamat mencoba!
gambar: boomsbeat.com
Game Pelatihan Meniru Gerakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *