Game Pelatihan Menangkap Ikan

Game Pelatihan Menangkap Ikan

Game Pelatihan menangkap ikan ini seru bila dimainkan oleh kelompok yang orangnya juga seru-seru. Cara mainnya juga gampang. Awalnya tampaknya game ini biasa-biasa saja, tidak ada gregetnya. Namun, setelah dimainkan, akan kelihatan serunya. Gak kalah seru sama game – game pelatihan lainnya.

Tujuan game pelatihan
– strategi dan ice breaking

Peserta game pelatihan
Semua peserta, di bagi menjadi 2 kelompok

Waktu game pelatihan
5-10 menit

Proses Game Pelatihan menangkap ikan
Pertama tama bagilah kelas menjadi dua kelompok besar. Kemudian tentukan kelompok siapa yang menjadi kelompok ikan dan siapa yang menjadi kelompok nelayan. Di putaran kedua, kelompok nelayan akan menjadi kelompok ikan dan sebaliknya. Kemudian sampaikan hal sebagai berikut:

    • Kelompok nelayan akan mendapatkan kesempatan untuk menangkap ikan. Caranya adalah dengan menebar jala. Jala yang digunakan adalah kedua tangan masing masing anggota. Membentangkannya sama seperti gaya nelayan melempar jala ke laut. Karena melempar jalanya harus bersamaan, maka kelompok nelayan menentukan terlebih dahulu pada hitungan keberapa jala dibentangkan. Hitungannya dari 1 sampai 10. Hitungan ini adalah rahasia dari nelayan. Dilakukan sebelum permainan dimulai. Posisi nelayan saat berhitung adalah dalam bentuk lingkaran. Dan saat sesi permainan di mulai nelayan sama sama berhitung, “satu.. dua.. tiga.. dan seterusnya sampai ke angka yang dimaksud. Angka tujuh misalnya. Maka pada angka tujuh, gerakannya seperti menebar jala sambil berteriak,”kena..!” Peserta yang menjadi ikan yang ada di dalam lingkaran berarti tertangkap oleh nelayan.
    • Kelompok ikan. Kelompok ikan bergerak secara individu. Daerah pergerakannya adalah daerah di dalam lingkaran dan di luar lingkaran. Posisi berada di luar lingkaran tidak boleh lebih dari dua hitungan. Demikian juga sewaktu di dalam. Namun, ikan boleh bergerak-gerak bebas. Jika gerakannya lebih cepat dari dua detik, maka diperbolehkan. Supaya nyaman bermainnya, maka jumlah pemain yang menjadi ikan, posisinya harus merata di sekeliling lingkaran. Sehingga tidak terjadi perebutan saat akan masuk dan keluar dari lingkaran.

Setelah satu putaran selesai, maka gantian yang menjadi ikan kini menjadi nelayan. Hitunglah kelompok mana yang lebih banyak tidak tertangkapnya, kelompok tersebut yang menang.
Selamat mencoba!

gambar: images.nationalgeographic.com
Game Pelatihan menangkap ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *