Game Pelatihan – Lomba Kipas Balon

Game Pelatihan – Lomba Kipas Balon

Game pelatihan ini sangat seru untuk dimainkan! Biasanya game ini dimainkan saat acara lomba-lomba 17 Agustusan. Namun, tidak ada salahnya dimainkan juga di sesi pelatihan. Apalagi jika malamnya masih ada sesi lagi. Cocok untuk mengisi sesi jeda saat sore hari.

Tujuan game pelatihan:
– Untuk mengisi waktu luang
– Meningkatkan kerjasama peserta

Peserta game pelatihan:
Semua peserta pelatihan

Waktu game pelatihan:
Sore hari (waktu break sebelum masuk sesi malam)

Setting game pelatihan:
Seperti perlombaan lari, semua tim berkumpul di titik yang sama. Jika estafet, maka tim dibagi dua di ujung-ujung lintasan.

Perlengkapan game pelatihan:
– Balon
– Koran

Proses game pelatihan:
Setiap kelompok diminta mengirim salah satu wakilnya untuk mengipas balon dengan koran. Balon sudah disiapkan dalam lintasan masing-masing. Tiap peserta diberi koran yang berfungsi sebagai kipas. Kipas tidak boleh terkena balon, jika terjadi, maka prosses mengipas balon diulangi kembali dari awal. Peserta yang paling cepat membawa balonnya ke garis finish akan keluar sebagai pemenang.
Game pelatihan ini melibatkan wakil peserta dari tiap-tiap regu. Misalnya ada 4 regu, berarti ada 4 orang yang mewakili kelompoknya. Setiap wakil regu diminta untuk maju ke depan kelas, yang telah dibuat seperti arena balap. Arena yang dimaksud adalah lintasan berupa empat buah lajur yang berlebar sekitar 60 cm dan panjang lintasan sekitar 5 meter. Mereka akan berlomba mengipas sampai ke garis akhir. Namun, bola tidak boleh keluar lintasan. Jika keluar lintasan maka peserta harus meletakkan balonnya kembali di awal lintasan (start).

Jika permainan dilakukan diluar ruangan maka pastikan bahwa dalam lintasan balon tidak ada hal yang dapat membuat balon meletus. pada beberapa kondisi, lapangan rumput dapat membuat balon meletus, apalagi bila rumputnya baru dipotong.

Modifikasi:
1. Game pelatihan dapat pula dimodifikasi dengan mengubah aturan permainan menjadi lomba estafet. Sehingga bila pemain sampai diujung maka akan diteruskan pleh pemain lain. Ini dapat digunakan bila ingin semua anggota tim terlibat dalam permainan.
2. Balon diganti dengan benda lain, misalnya: bola pingpong.
Selamat mencoba!

gambar: rt3rw7cilobak.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *