Game Pelatihan – Kata Terlarang

Game Pelatihan – Kata Terlarang

Dalam game pelatihan Kata Terlarang ini peserta diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dengan benar tanpa menggunakan kata-kata yang tidak boleh dipakai oleh peserta. Pilihan kata kata yang digunakan adalah sepenuhnya hak fasilitator. Lucunya adalah, tanpa sadar kita menggunakan kata-kata yang dilarang karena sudah menjadi kebiasaan kita sehari-hari. Kata-kata yang digunakan bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Tujuan game pelatihan
- Merespon dengan cepat dan akurat terhadap stimulus / kata-kata yang diucapkan oleh fasilitator
- Melatih pemecahan masalah dengan cepat tanpa berfikir terlalu lama karena waktu yang terbatas

Peserta game pelatihan
Semua peserta pelatihan

Waktu game pelatihan
5-10 menit

Setting game pelatihan
melingkar

Perlengkapan game pelatihan
Tidak ada

Proses game pelatihan

Dalam game pelatihan ini dimulai dengan fasilitator meminta kepada seluruh peserta berdiri membentuk lingkaran di mana setiap peserta dapat melihat peserta yang lain. Jika tidak bisa membentuk lingkaran dapat disesuaikan dengan bentuk oval atau bentuk lain selama pandangan terhadap seluruh peserta tidak terhalang.
Fasilitator berdiri di tengah lingkaran. Kemudian ia akan memberikan briefing singkat mengenai game pelatihan ini. Yaitu, fasilitator akan bertanya secara langsung kepada orang / peserta dan peserta tersebut wajib menjawab pertanyaan yang diajukan fasilitator dengan cepat dan tepat. Maksimal waktu berfikir untuk setiap pertanyaan yang diajukan adalah 5 detik. Semua kata boleh digunakan sebagai jawaban kecuali kata kata berikut : ya, tidak, boleh, mau, ingin, sudah, belum. (kata – kata ini umum digunakan dan boleh di modifikasi sesuai dengan kebutuhan)
Bagi mereka yang lupa dan menjawab dengan kata kata ya, tidak, boleh, mau atau ingin bisa diberi hadiah berupa tugas / performance yang wajib dilakukan.
Untuk melakukan permainan ini fasilitator bertanya dengan pertanyaan yang wajar kepada peserta sehingga peserta teralihkan perhatiannya. Atau, bisa juga dilakukan dengan pertanyaan yang menjebak
Misalnya:
Bapak sudah makan?

Selamat mencoba!

literatur: 100 Game Kreatif
gambar:wildandwisdom.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *