Game Pelatihan – Kalau Kau..

Game Pelatihan – Kalau Kau..

Game Pelatihan – Kalau Kau.. Game pelatihan ini sangat pas untuk membuat suasana kelas selalu terjaga dan tidak membosankan. Gerakan-gerakan yang memang awalnya dari fasilitator. Tetapi yang membuat meriah adalah gerakan-gerakan yang dibuat dari kreativitas peserta sendiri

Tujuan game pelatihan
– Ice breaking, agar peserta lebih relaks mengikuti pelatihan
– Melatih konsentrasi peserta
– Melatih kreativitas peserta

Peserta game pelatihan
Semua peserta pelatihan

Waktu game pelatihan
bergiliran setiap kelompok setelah sesi istirahat / pada sesi-sesi tertentu

Setting game pelatihan
melingkar / berdiri di tepat duduk masing-masing

Perlengkapan game pelatihan
Tidak ada

Proses game pelatihan
Game ini adalah game yang diambil dari lagu anak-anak yang dahulu sering kita lakukan. Kalau dahulu Anda pernah ikut pramuka, pasti Anda tahu lagu ini karena termasuk salah satu lagu yang sering dinyanyikan. Apalagi bila dalam suasana perlombaan seperti LT atau jambore. Lagunya dulu begini..

Kalau kau pramuka tepuk tangan (plok plok plok)
Kalau kau pramuka tepuk pundak (plok plok plok)
Kalau kau pramuka ayo kita lakukan, kalau kau pramuka jentik jari (tik tik)

Kalau kau pramuka hentak bumi (bruk bruk bruk)
Kalau kau pramuka tepuk paha (plok plok plok)
Kalau kau pramuka ayo kita lakukan, kalau kau pramuka semuanya (plok plok plok, plok plok plok, tik tik, bruk bruk bruk, plok plok plok)

Gampang kan?

Setelah fasilitator memberi contoh kemudian mintalah peserta melakukannya secara bersama-sama. Kemudian, agar kemeriaahan tidak cepat hilang, bagilah tugas kepada masing-masing kelompok untuk membuat gerakan sendiri yang tidak boleh sama dengan gerakan yang telah dicontohkan. Ini berguna agar dalam aktivitas pelatihan ini tidak monoton dan peserta terpacu untuk memberikan yang terbaik dari timnya.

Setalah itu bagilah waktu performance setiap kelompok dengan jeda tiap satu sesi. Sehingga ada aura ‘persaingan’ yang timbul yang akan menyebabkan kelompok berikutnya akan berusaha menampilkan performance yang lebih baik dibanding kelompok yang telah tampil terlebih dahulu.

Dengan membagi menjadi beberapa jeda seperti ini maka setiap masuk sehabis break ada ekspektasi peserta untuk menyaksikan penampilan teman-temannya. Dijamin meriah!

Selamat mencoba dan berhasil!
Iwan Pramana

gambar: trvtt
Game Pelatihan – Kalau Kau..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *