Game Pelatihan – Formasi

Game Pelatihan – Formasi

Game pelatihan – Formasi ini sangat powerful untuk ice breaking setelah makan siang. Game ini memaksa peserta bergerak untuk dapat memenuhi tugas yang diberikan. Semakin menantang hadiahnya, semakin seru gamenya.

Tujuan game pelatihan
– Ice breaking, agar peserta lebih semangat mengikuti pelatihan
– Bergerak, setelah makan siang, tarikan untuk bergerak sangat besar tantangannya.

Peserta game pelatihan
Semua peserta pelatihan, asisten fasilitator dapat pula ikut bermain dalam game ini

Waktu game pelatihan
10 sampai 15 menit tergantung suasana yang tercipta. Berikan hadiah bagi mereka yang paling banyak berhasil membentuk formasi yang diminta (optional)

Setting game pelatihan
Awalnya melingkar, kemudian bebas sesuai dengan kondisi.

Proses game pelatihan
Dalam game pelatihan ini sebelum di mulai peserta diminta membuat posisi melingkar. Kemudian fasilitator akan menjelaskan kepada peserta pelatihan aturan permainan ini.
Fasilitator menjelaskan bahwa dalam game pelatihan ini peserta diminta selain diminta untuk membuat formasi yang di minta, juga anggota kelompoknya harus sesuai. Bagi yang tidak mendapatkan pasangan atau yang bentuknya tidak sesuai, maka tidak akan mendapatkan poin.
Misalnya jika fasilitator menyebutkan “Formasi Bujur Sangkar 44”, maka peserta harus membentuk formasi bujur sangkar dengan anggotanya 4 orang. Artinya tiap orang berada di satu sudut formasi yang dibentuk. Supaya bentuknya lebih kelihatan, maka peserta bopleh menggunakan kedua tangannya sebagai sisi dari formasi yang dibentuk agar lebih jelas.
Misalnya lagi. Fasilitator menyebutkan “Formasi segitiga 66” Maka peserta harus mencari 6 orang untuk membentuk formasi segitiga. Posisi ini mirip seperti susunan pin bowling atau susunan bola billiard.

Jika semua sudah jelas, maka game bisa dimulai. Gunakan peluit sebagai penanda pergantian formasi. Untuk tiap formasi berikan waktu kira-kira 15-20 detik. Jika waktu habis tiuplah peluit dan ceklah formasi yang terbentuk. Jika benar berilah poin. Beberapa formasi yang bisa dibentuk antara lain:
– Formasi bujur sangkar 22
– Formasi bujur sangkar 99
– Formasi segi tiga 33
– Formasi segi tiga 66
– Formasi persegi panjang 22
– Formasi persegi panjang 66
– Formasi lingkaran 44
– Formasi lingkaran 77
– dst

Selamat mencoba!

gambar: wikipedia.org
Game Pelatihan – Formasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *