Game Pelatihan – Darat Laut Udara

Game Pelatihan – Darat Laut Udara

Game pelatihan ini sangat pas untuk menguji pengetahuan peserta akan suatu topik. Tetapi bedanya adalah, ketika peserta diberikan petunjuk untuk menjawab, ia harus menjawabnya dengan cepat. Sehingga ketrampilan dan kecepatan berfikir menjadi hal yang penting di game pelatihan ini

Tujuan game pelatihan
– Ice breaking, agar peserta lebih relaks mengikuti pelatihan
– Melatih konsentrasi peserta
– Melatih pengetahuan peserta akan topik topik tertentu

Peserta game pelatihan
Semua peserta pelatihan

Waktu game pelatihan
10 sampai 15 menit tergantung suasana yang tercipta

Setting game pelatihan
melingkar

Perlengkapan game pelatihan
Tidak ada

Proses game pelatihan

Dalam game pelatihan ini peserta diminta membuat posisi lingkaran. Kemudian fasilitator akan menjelaskan kepada peserta pelatihan aturan permainan darat laut udara.
Fasilitator akan berkeliling sambil menunjuk peserta yang ada di depannya sambil menyebut Darat, Laut atau Udara.
Jika disebut darat, maka peserta yang ada di depannya harus segera menyebutkan satu binatang yang hidup di darat. Kucing, misalnya. Jika disebut Laut, maka peserta yang ada di depan fasilitator harus menyebut binatang yang hidup di laut. Ikan paus misalnya. Demikian pula jika disebut udara. Maka peserta yang ada di depannya harus menyebutkan hewan yang hidup di udara.

Urutan kata kata yang diucapkan tergantung sepenuhnya kepada pilihan fasilitator. Tidak selalu urutannya akan darat lalu laut kemudian udara. Bisa saja darat udara udara udara. Atau bisa juga urutannya: laut laut udara udara dan seterusnya. Ini sepenuhnya adalah hak fasilitator agar permainan menjadi seru. Mereka yang gagal menyebutkan hewan dengan tepat akan bergantian menggantikan posisi fasilitator berada di tengah lingkaran.

Untuk variasi, bisa juga digunakan lawannya. Misalnya, jika disebutkan laut maka hewan yang disebut tidak boleh berasal dari laut. Demikian pula bila dalam game pelatihan ini disebut udara atau darat.

Agar lebih seru, maka binatang yang sudah disebut tidak boleh disebut kembali. Fasilitator juga dapat memodifikasi hewan yang disebutkan. Misalnya, hewan diganti dengan kendaraan yang beroperasi di darat laut atau udara. Atau bisa juga di ganti dengan benda yang dekat dengan keseharian peserta.

Literatur: Fun Game
gambar: dailymail.co.uk

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *