Game Pelatihan Daftar Benda

Game Pelatihan Daftar Benda

Game Pelatihan Daftar Benda. Game Pelatihan Daftar Benda ini bisa digunakan dalam sesi ice breaking pagi sebelum sesi dimulai atau bisa juga digunakan saat habis istirahat siang. Instruksinya mudah dan bisa dimainkan oleh semua peserta. namun begitu, tetap diperlukan konsentrasi yang tinggi.

Tujuan game pelatihan
– Ice breaking
– Melatih kecepatan dan ketepatan berpikir

Peserta game pelatihan
Semua peserta pelatihan

Waktu game pelatihan
15-20 menit, termasuk briefing

Alat game pelatihan
Bola (alternatif)

Proses Game Pelatihan Daftar Benda
1. Mintalah peserta untukk berdiri membentuk lingkaran besar sehingga semua orang bisa melihat satu dengan yang lainnua. Kemudian sampaikan game pelatihan daftar benda ini dimana tujuannya adalah setiap orang diminta menyebutkan sebuah benda dalam kategori tertentu dan dilanjutkan dengan orang berikutnya. Misalnya, fasilitator memberi instruksi, “Sebutkan benda yang ada di rumah”, maka setiap peserta bergantian menyebutkan: kursi meja, sendok, dan lain-lain.
2. Jika ada peserta yang gagal menjawab maka ia dikeluarkan dari permainan. Sebelum mulai berilah iming-iming hadiah bagi peserta yang ada untuk lebih meningkatkan daya seru game ini. Misalnya, 8 orang yang berhasil (tersisa) akan mendapatkan hadiah coklat. Atau yang lain, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Agar terjadi ‘keadilan’ bagi setiap peserta, maka akan ada satu bola yang dipegang oleh orang pertama yang memegangnya. Setelah ia menyebutkan bendanya, maka ia wajib melempar bola tersebut kepada yang lain sambil menyebutkan namanya. Orang yang menerima bola tersebut wajib menjawab dalam hitungan yang singkat. Maksimal 3 detik atau ia dihitung gagal menyelesaikan pertanyaan yang diajukan.

4. Untuk menjaga agar terjadi kesepahaman dalam memainkan Game Pelatihan Daftar Benda ini, perlu disampaikan beberapa aturan yang berlaku, seperti:
a. Dilarang mengulangi benda yang disebut dalam arti fungsi. Misalnya: A menyebutkan “sapu”, maka B tidak boleh “sapu lidi” C tidak boleh “sapu ijuk” karena sama fungsinya. Jadi benda yang dicari harus berbeda.
b. Batasan waktu berpikir. tentukanlah waktunya, jangan terlalu lama. 3 detik misalnya.
c. Juri adalah teman-teman yang lain atau juri adalah fasilitator. Silahkah ditentukan mana yang lebih sesuai.

5. Setelah selesai, silahkan ditanyakan kepada peserta mudah dan susahnya bermain game ini. Jika hal tersebut ternyata cocok dengan materi yang sedang Anda bawakan, maka akan lebih mantab.

Selamat mencoba!
Iwan Pramana
gambar: frugalupstate.com
game pelatihan daftar benda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *