Game Pelatihan – Berburu Banteng

Game Pelatihan – Berburu Banteng

Game pelatihan ini sangat powerful untuk ice breaking pelatihan sebelum pelatihan dimulai. Selain itu game pelatihan ini juga dapat digunakan saat siang hari dimana level energi pelatihan biasanya perlu ditingkatkan lagi.

Selain lucu, game ini melibatkan semua peserta (100%) sehingga peserta akan merasa bahwa ini bukanlah permainan dari fasilitator, tetapi game pelatihan dari mereka untuk mereka

Tujuan game pelatihan

– Ice breaking, agar peserta lebih relaks mengikuti pelatihan

– Melatih konsentrasi peserta

Peserta game pelatihan

Semua peserta pelatihan, asisten fasilitator dapat pula ikut bermain dalam game ini

 

Waktu game pelatihan

10 sampai 15 menit tergantung suasana yang tercipta

Setting game pelatihan

melingkar

Proses game pelatihan

Dalam game pelatihan ini peserta diminta membuat posisi melingkar. Kemudian fasilitator akan menjelaskan kepada peserta pelatihan aturan permainan berburu banteng.

Setiap peserta pelatihan, tangan yang kanan berfungsi sebagai banteng yang dilambangkan dengan arah telunjuk menghadap ke bawah (bantengnya mempunyai hobi melompat).

Sementara tangan yang kiri akan berfungsi sebagai perangkap banteng yang akan menangkap banteng yang melompat.

Sehingga dalam permainan ini, setiap peserta kedua tangannya berfungsi: Tangan kanan berperan sebagai banteng sedangkan tangan kiri berperan sebagai perangkap banteng.

Kemudian, fasilitator menjelaskan, bila ada kata-kata “banteng” maka tangan kanan (banteng) harus meloncat setinggi tingginya sehingga tidak terkena perangkap, sedangkan tangan kiri sesegera mungkin menangkap banteng yang loncat.

Posisi tangan kanan peserta ada di tangan kiri teman sebelahnya (perangkap banteng) sedangkan posisi tangan kiri peserta (perangkap banteng) berada dalam posisi terbuka untuk menangkap banteng yang terlambat melompat.

Game pelatihan ini seru bila fasilitator dapat membuat ramuan cerita yang menarik yang membuat peserta menduga-duga kapan kata-kata banteng akan diucapkan. Biasanya, agar peserta sedikit penasaran, selain kata-kata banteng, pilihlah kata-kata yang berawalan “Ba” seperti: bantal, badak, bando, dan lain lain.

Contoh cerita: Pada suatu hari Tono (ambil nama seorang peserta) dan Toni (nama peserta) berburu BA dak ke hutan. Ditengah jalan mereka bertemu dengan Rani (nama perserta) dan Ririn yang akan berburu BAnTeng!

Selamat mencoba!

gambar: msn.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *