Game Kreativitas Sederhana Tapi Seru

Game Kreativitas Sederhana Tapi Seru

Game kreativitas ini – sesuai dengan namanya – sangat cocok untuk dimainkan di sesi sesi training kelas Creativity Skill. Game ini akan memicu peserta untuk mencari kombinasi yang paling kreatif dari kondisi-kondisi yang bisa dipilih.

Tujuan game
– melatih kreativitas

Peserta game kreativitas
Semua, dalam posisi melingkar / duduk di tempatnya masing-masing. Peserta dibagi dalam kelompok kelompok kecil yang beranggotakan 2 – 3 orang.

Waktu game
10 – 15 menit

Proses Game Kreativitas
Sebelum game dimulai, mintalah peserta untuk membentuk lingkaran besar sehingga semua orang bisa melihat satu dengan yang lainnya. Posisinya boleh berdiri atau duduk, tergantung siatuasi yang ada. Jika bisa duduk lebih nyaman karena lebih rileks. Jika kelasnya sempit silahkan mencari posisi yang enak.

Kemudian sampaikan, “Saya akan meminta bapak dan ibu untuk memilih salah satu buah benda yang ada di kantong kain ini (disarankan warna hitam, agar menambah kesan misterius). Bapak Ibu boleh memilih dengan meraba-raba, tetapi tidak boleh melihat bendanya. Nanti setelah bapak ibu mengambil, silahkan didiskusikan dengan teman sekelompoknya jika benda-benda yang diambil dari masing-masing anggota kelompok dipadukan, akan jadi seperti apa benda dan fungsi barunya.

Setelah semua mengambil, sampaikan kepada mereka untuk berkelompok, masing masing kelompok berisi 3 orang. Kemudian setelah itu, mintalah mereka untuk saling menceritakan benda apa yang diambil dan apa alasan mereka mengambil benda tersebut. Ceritakan alasan utama mengapa benda itu yang diambil diantara sekian banyak benda yang lain. Jika salah seorang selesai bercerita, silahkan bergantian dengan yang lain.

Untuk menambah keseruan, siapkan tutup mata buat masing-masing peserta untuk dipakai saat mereka mengambil bendanya.

Jangan lupa untuk mengisi kantong dengan benda-benda. Boleh beli, bisa juga diambil dari benda-benda yang ada di keseharian. nah, benda-banda apa yang dimasukkan? Berikut beberapa benda yang bisa dipilih: ranting, kertas sobek, batu kerikil, pensil patah, kelereng, kain lap, benang, spidol, potongan karton, kancing, keping lego, dll. Jika ada tema yang mau diangkat lebih baik, jadi kreativitasnya sudah diarahkan ke bidang apa.
Selamat mencoba game kreativitas ini.

gambar: medium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *