Game Baris Berbaris Seru

Game Baris Berbaris Seru

Game baris berbaris ini sangat cocok untuk dimainkan jika ruangan kelas trainingnya agak luas. Jika ruangannya kecil maka sebaiknya dicari game alternatif lain karena akan menyulitkan untuk pergerakan.

Tujuan game
– melatih koordinasi, kekompakan dan kecepatan

Peserta
Semua peserta pelatihan, dalam posisi berbaris sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

Waktu game
10 – 15 menit

Proses Game baris berbaris
Sebelum game dimulai, mintalah peserta untuk berbaris sesuai dengan anggota kelompoknya. Jika belum dibagi, maka bagilah kelompoknya terlebih dalu. Metodenya bebas. Boleh dengan berhitung, boleh dengan komposisi cowok lawan cewek dan seterusnya.

Kemudian sampaikan, “Kita akan memulai game baris berbaris. Caranya, sebelum barisan dibentuk. saya akan memberikan password untuk membuat urutan siapa yang berdiri paling depan dan siapa yang paling belakang. Contoh: urutkan dari barisan yang terdepan: nama yang dimulai dengan urutan abjad. Waktunya 15 detik dari sekarang. Mulai!”

Maka tiap barisan harus berlomba mengurutkan masing masing anggotanya untuk berbaris sesuai dengan password yang diberikan. Jadi misalnya urutan yang benar adalah (bisa gunakan nama peserta yang ada agar contoh yang digunakan lebih mudah ditangkap peserta) : Aji paling depan. Diikuti Bambam. Diikuti Bernard, Eman, Juli, Maman, Putu, Romi dan Zaman.

Jika passwordnya berbeda, maka urutannya akan berbeda pula. Beberapa password yang bisa digunakan sebagai alternatif misalnya: Tinggi badan (yang paling tinggi di posisi paling depan), berat badan (yang paling berat di dapan), asal kota kelahiran (sesuai dengan abjad kota atau asal pulau), warna baju (mulai dari warna yang paling terang ke warna gelap. Atau sesaui urutan dalam spektrum warna: Mejikuhibiniu), jarak dari rumah ke tempat pelatihan (yang paling jauh di depan).

Aturan dasar: Tidak boleh berkomunikasi dengan menggunakan suara (dalam bentuk bunyi apa pun). Dilarang membawa alat tulis (pensil, bolpen). Dilarang membawa HP. yang diperbolehkan hanya membuat bahasa isyarat. Jadi murni hanya menggunakan bahasa tubuh saja. Semakin besar anggota kelompoknya semakin seru. Minimal anggota kelompok 6 orang sudah ok. Selamat mencoba.

gambar: kacang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *