Enam Kecerdasan yang Dibutuhkan saat ini

Enam Kecerdasan yang Dibutuhkan saat ini

Oleh: Daniel H Pink.

Bila dilihat dari era kehidupan manusia maka dapat diurutkan sebagai berikut: Pada abad ke 18 kita hidup di era agrikultural / pertanian. Kemudian pada abad ke 19 dunia memasuki era baru, yaitu era industri dimana cirinya adalah kekuatan peradaban manusia dibangun melalui industri yang masif. Kemudian kita memasuki era informasi di abad 20 di mana bahan bakar pada era ini adalah informasi yang dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin. Pada era ini pekerja berpengetahuan dengan L-Directed Thinking (pemikiran otak kiri) sangat dibutuhkan. Kini kita memasuki era konseptual di mana saat ini yang dibutuhkan adalah R-Directed Thinking (pemikiran otak kanan).

Pada saat Pada Era Konseptual, kita perlu melengkapi penalaran yang diarahkan otak kiri kita dengan menguasai enam kecerdasan penting yang diarahkan oleh otak kanan. Secara bersama-sama, enam kecerdasan high concept, high touch ini dapat membantu mengembangkan sebuah pikiran yang benar-benar baru yang dituntut oleh era baru ini. Berikut adalah enam kecerdasan yang dimaksud:

1. Desain. Tidaklah lagi memadai untuk menciptakan sebuah produk, jasa, pengalaman, atau gaya hidup yang semata-mata fungsional. Saat ini adalah saat yang secara ekonomi penting dan berharga secara personal untuk menciptakan sesuatu yang selain fungsional, juga indah, sedikit fantastis, dan menarik secara emosional.

2. Cerita. Ketika hidup kita kini dipenuhi dengan informasi, mengumpulkannya secara efektif tidaklah lagi memadai. Seseorang dari belahan dunia yang lain pasti akan menemukan suatu yang berbeda untuk membantah maksud anda. Esensi dari persuasi, komunikasi, dan pemahaman-diri telah menjadi suatu kemampuan juga untuk menciptakan suatu kemampuan juga untuk menciptakan suatu kisah yang menarik.

3. Simfoni. Banyak dari Era-era Industri dan Informasi membutuhkan fokus dan spesialisasi. Namun ketika pekerjaan kerah-putih dialihkan ke Asia dan direduksi ke dalam software, amaka yang dibutuhkan adalah: menggabungkan bagian-bagian, atau apa yang saya sebut Simfoni. Apa yang menjadi permintaan terbesar saat ini bukanlah analisa namun sintesa yaitu melihat keseluruhan perspektif, melintasi batasan-batasan, dan dapat mengkombinasikan bagian-bagian terpisah ke dalam suatu kesatuan baru yang mengesankan.

4. Empati. Kapasitas untuk pemikiran logis adalah salah satu hal yang membuat kita menjadi manusia. Namun dalam dunia yang penuh dengan informasi dan alat-alat analitis yang maju, logika tidaklah mencukupi. Bisa jadi yang membedakan mereka yang berkembang dengan cepat karena kemampuan mereka untuk memahami orang lain dengan lebih baik, mempererat hubungan, dan peduli kepada orang lain.

5. Permainan. Banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa kesehatan dan keuntungan-keuntungan profesional bisa diperoleh dari tertawa, bersikap tenang, bermain, dan humor. Tentu saja, ada saatnya untuk serius. Namun terlalu serius mungkin tidak baik juga untuk karir dan kesejahteraan anda. Dalam Era Konseptual kita semua perlu bermain.

6. Makna. Kita hidup dalam sebuah dunia yang berisi kelimpahan materi. Hal ini telah membebaskan kita untuk mengejar kesenangan-kesenangan yang lebih bermakna: tujuan, transendesi, dan pemenuhan spiritual.

Enam kecerdasan ini akan semakin membimbing kehidupan kita dan membentuk dunia kita. Kemampuan-kemampuan high concept, high touch yang sangat penting secara fundamental adalah atribut-atribut yang dimiliki manusia.

sumber: Daniel H Pink, Misteri Otak Kanan Manusia, Think Jogjakarta.
gambar: socialmediaexaminer.com
Enam Kecerdasan yang Dibutuhkan saat ini.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *