Dibutuhkan Komitmen untuk Sukses

Dibutuhkan Komitmen untuk Sukses

Oleh: Aris Ahmad Jaya.

Dibutuhkan Komitmen untuk Sukses. Jika Anda adalah orang yang memegang teguh komitmen, maka ketika ada pertanyaan Anda akan memberikan jawaban dan bukan alasan. Alasan adalah benar bagi yang beralasan. Yang lebih parah adalah, ketika Anda beralasan bohong dan orang lain percaya kepada Anda, maka Anda perlu dikasihani. Karena di saat orang lain percaya kepada Anda, Anda tidak mempercayai diri sendiri.

Satu kebohongan memerlukan satu energi untuk menutupinya. Dan kalau kebohongan ditutup dengan kebohongan maka suatu saat akan terbongkar ketika tutup yang lain sudah tidak ada lagi.

Alasan akan menumpulkan upaya pengakuan kesalahan dan berakhir pada perasaan benar walaupun sebenarnya salah. Amat susah meluruskan orang yang salah yang merasa benar dibanding meluruskan penjahat yang menyadari kesalahannya.

Mulai hari ini, berhati-hatilah membuat alasan yang mengada-ada karena sekali kita beralasan atas suatu kesalahan otak akan senantiasa membuat pola, “Alasan apa yang pas untuk kesalahan saya?”

Komitmen untuk sukses akan tercermin pada keberanian Anda dalam mengambil tanggung jawab atas risiko keputusan dan tindakan yang Anda lakukan. Semakin tinggi target kesuksesan maka akan sebanding dengan tingginya risiko hambatan dalam meraihnya.

Risiko akan sebanding dengan kesuksesan seperti apa yang Anda inginkan. Sangatlah mustahil kalau Anda menginginkan ikan paus tetapi mencarinya diselokan. Memang selokan sangat kecil risiko. Anda tidak akan menemukan badai, apalagi bajak laut. Namun, penempatan komitmen yang salah dan tidak sebanding dengan cita-cita akan membuahkan hasil yang sangat jauh dari angan-angan yang Anda targetkan. Tidak akan pernah ada ikan paus diselokan.

Ambil komitmen besar untuk tindakan besar. Masalah-masalah besar akan mengantarkan Anda pada pengalaman besar yang berujung pada kesuksesan yang besar. Karena komitmen yang kuat untuk sukses adalah komitmen untuk mengambil risiko besar dalam mengerjakan tindakan besar untuk sukses.

Komitmen orang sukses sangat teguh. Mereka memiliki sistem yang variatif. Namun, secara umum ada tips sederhana untuk mewujudkan komintmen Anda menjadi kesuksesan dengan rumus: T-A-J-A-M

1. Tekad yang kuat dan tujuan yang jelas
Tekad yang kuat memang perlu tapi tekad tanpa tujuan akan menghasilkan kelelahan. Ingat, kita dilahirkan bukan untuk melakukan semuanya, tapi untuk melakukan sesuatu. Carilah. Anda pasti bisa.

2. Arahkan pada potensi terbaik
Setiap orang mempunyai potensi terbaik yang dimiliki. Arahkan komitmen Anda pada potensi terbaik yang Anda miliki maka Anda akan mengalami hal yang luar biasa. Burung elang hanya gagah ketika terbang dan bukan berlalri. Kuda akan hebat bila berlari dan bukannya berenang. Karena itu temukanlah kompetensi Anda.

3. Jauhkan dari prasangka negatif
Prasangka buruk, negatif, keluh kesah, sumpah serapah hanya akan melunturkan komitmen Anda dan tidak mampu mengantarkan Anda sebagai pribadi yang bermental tegar dan kuat. Hilangkan kamus keluhan dari otak Anda sekarang. Ganti “tidak bisa” dengan kata tanya positif, “Bagaimana caranya agar saya bisa melakukannya?”

4. Ambil manfaat dari setiap kegagalan
Rumus orang sukses adalah: dalam menjalankan komitmenya, mereka lebih banyak mengalami kegagalan dibanding orang gagal.

5. Mantapkan motivasi dengan aksi nyata
Kuatkan motivasi Anda untuk memegang teguh komitmen dengan tekad yang tegas dan kuat. Buatlah lingkungan yang mendukung motivasi Anda dan segera ‘ubah’ bila tidak sesuai. Tidak bisa juga? Mungkin ‘pindah’ bisa dijadikan alternatif kedua.

sumber: Aris Ahmad Jaya, 30 Hari Mencari Jati Diri, Pustaka Inti, 2008
gambar: breakingmuscle.com
Dibutuhkan Komitmen untuk Sukses

 

Newer Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *