Coaching Adalah

Coaching Adalah

Coaching Adalah.
Ada banyak definisi mengenai coaching. Jika Anda buka google maka Anda akan menemukan beberapa definisi tentang hal ini, antara lain:
1. Process that aims to improve performance and focuses on the ‘here and now’ rather than on the distant past or future. (skillsyouneed.com). Coaching adalah proses yang bertujuan untuk meningkatkan performa yang fokus pada masa kini dan masa depan. Jadi areanya ada pada kini dan apa yang ingin dicapai di masa depan. Tapi ya gak jauh-jauh amat masa depannya.

2. Professional relationship that helps people produce extraordinary results in their lives, careers, businesses or organizations, helping them to bridge the gap between where they are now and where they want to be. (lifecoachtraining.com). Coaching adalah hubungan profesional yang membantu seseorang untuk mencapai hasil yang luar biasa baik dalam kehidupan sehari-hari, karir, bisnis atau organisasi, yang membantu mereka untuk menjembatani gap yang terjadi antara masa kini dan masa depan yang diinginkan.

3. A form of development in which a person called a coach supports a learner or client in achieving a specific personal or professional goal by providing training and guidance. (wikipedia.org). Wikipedia mengatakan bahwa coaching adalah sebuah bentuk pengembangan antara seseorang yang disebut coach dengan pembelajar (learner) atau klien dengan tujuan untuk mencapai tujuan personal atau profesional yang spesifik dengan memberikan pelatihan dan arahan.

Sedangkan definisi coaching menurut ICF – International Coach Federation adalah
4. Partnering with clients in a thought-provoking and creative process that inspires them to maximize their personal and professional potential. Jadi proses coaching adalah proses yang membutuhkan keterlibatan 2 pihak yaitu caoch dan klien (coachee) dan sebuah proses kreatif sehingga menginspirasi klien untuk memaksimalkan potensi personal dan profesional yang dimiliki.

Jika ditarik benang merah dari beberapa definisi diatas maka dapat kita rangkum, coaching adalah:
1. Sebuah aktivitas yang periode waktunya ada pada masa kini dan masa depan.
2. Hubungan profesional yang terjadi untuk menjembatani gap yang terjadi.
3. Adanya ‘panduan’ yang diberikan oleh coach kepada coachee (learner, klien)
4. Proses kreatif yang membutuhkan keterlibatan kedua belah pihak untuk memaksimalkan potensi.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dalam coaching, kesuksesan hanya bisa diraih jika ada kerja sama yang baik antara coach dan coachee. Tanpa kerjasama yang baik ini maka mustahil untuk dihasilkan sebuah hasil yang dapat menjembatani gap yang terjadi.

gambar: mentorcoaches.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *