Cara Menjadi Seorang Ahli

Cara Menjadi Seorang Ahli

Cara Menjadi Seorang Ahli ada banyak metodenya. Masing-masing berpegangan kepada apa yang pernah dialami dan diyakini serta dibuktikan dengan kesuksesan yang di dapat. Tidak ada yang salah dengan hal itu. Beberapa waktu lalu saya berpartisipasi menjadi peserta WBECS – World Bussiness Executive Coach Summit. Salah satu pembicara yang saya suka adalah Dorie Clark, pengarang buku best seller Stand Out, kolumnis di Forbes dan Harvard Bussiness Review. Mengapa hal ini menjadi penting saat ini?

1. Untuk membedakan diri kita dengan orang lain. Jika kita dikenal sebagai ahli di bidang tertentu maka orang akan lebih mudah untuk memilih kita dibanding orang lain. Barusan saya coba ketik “pembicara seminar” di google. Anda tahu, di halaman satu saja sudah ada 9 orang yang kalau saya mau serius mencari, berapa lama waktu yang saya butuhkan? Mengecek satu demi satu klaim dan pengalaman yang ditampilkan. Bayangkan kalau nama Anda sudah dalam posisi top of mind. “Mas nyari pembicara? Pak Anu saja. Bagus sesinya!”

2. Untuk memenangkan kompetisi di benak pelanggan. Saat ini ada banyak sekali ahli di satu bidang. Mau pilih ahli yang seperti apa? yang mana? Kompetisi yang tidak terlihat ini terjadi di benak pelanggan. Semakin Anda bisa terpisah dengan rombongan yang besar, dengan skill yang mumpuni dan spesifik, maka akan semakin banyak Anda dicari orang.

3. Lebih enak didatangi dari pada mengetuk pintu. Jika Anda menjadi seorang ahli, pasti akan lebih menyenangkan jika orang yang membutuhkan Anda datang kepada Anda dari pada Anda yang harus satu demi satu mengetuk pintu bukan?

Nah, menurut Dorie, ada 3 cara untuk menjadi seorang ahli yang sudah dilakukannya dan ditulisnya dalam bukunya, yaitu:

1. Content Creation. Cara menjadi seorang ahli yang pertama adalah dengan content creation. Anda sebaiknya memulai dengan membuat isi dari apa yang orang ingin ingat dari Anda. Misalnya, anda ingin dikenal sebagai seorang marketer handal. maka mulailah menulis mengenai marketing. Mulailah berbicara mengenai marketing. Mulailah membagi apa yang sudah Anda lakukan kepada orang lain. Sharing di media-media yang menurut Anda sesuai dengan target market Anda. Sehebat-hebatnya Anda, kalau ide, pemikiran, keinginan Anda tidak dibagi kepada orang lain tetapi hanya dipegang sendiri, siapa yang tahu mengenai Anda?

2. Social Proof. Cara menjadi soeorang ahli yang kedua adalah dengan social proof. Ini mengenai kredibilitas. Jika ada 100 orang ahli marketing, mengapa mereka harus mendengarkan Anda sebagai orang yang pertama, kenapa bukan yang lain? Apa alasan mereka sehingga memilih Anda? Di dunia yang penuh sesak seperti sekarang ini, terkadang Anda harus membunyikan klakson agar terdengar dan tidak tertabrak dengan yang lain.

3. Network. Cara menjadi seorang ahli yang ketiga adalah dengan mempunyai Network. Network adalah sahabat, teman, tempat berbagi yang memberikan masukan-masukan positif untuk Anda. Kita tentu tidak bisa mempunyai pemahaman yang holistik jika tidak ada yang memberitahu kita bukan?

Jadi, jika Anda ingin dikenal sebagai seorang ahli, cobalah ikuti cara Dorie. cara yang lain? Silahkan saja, asal cocok dengan Anda. Pada akhirnya kita sendiri yang menentukan jalan mana yang akan kita pilih.

gambar: industryexpert.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *