Apa yang membuatmu …

Apa yang membuatmu …

Apa yang membuatmu … adalah game pelatihan yang bisa digunakan di sesi perkenalan sebelum aktivitas pelatihan dimulai. Game pelatihan ini digunakan untuk lebih mengenal antara satu peseta dengan peserta pelatihan lainnya.

Tujuan game pelatihan
– Ice breaking & perkenalan

Peserta game pelatihan
– Semua peserta pelatihan

Waktu game pelatihan
– 5-10 menit

Alat game pelatihan
– Tidak ada

Proses game Apa yang membuatmu …
1. Minta setiap peserta berdiri dalam format lingkaran besar. Sampaikan bahwa mereka akan saling berkenalan. setelah mengenalkan nama, dan informasi standar lainnya, seorang peserta dari lingkaran besar boleh bertanya satu pertanyaan yang dimulai dengan kata “Apa Yang Membuatmu …”

2. Titik titik tersebut boleh diisi dengan hal / sesuatu yang ingin diketahui peserta tersebut dari peserta yang sedang memperkenalkan diri. Misalnya, ada yang bertanya, “Apa yang membuat Anda senang di pelatihan ini?”

3. Peserta yang ditanya wajib menjawab pertanyaan yang diajukan sekiranya hal itu boleh disampaikan untuk informasi umum. Tetapi jika informasi tersebut dirasa bkan untuk konsumsi umum, maka peserta yang ditanya boleh tidak menjawab.

4. Karena ini sifatnya perkenalan, sampaikan kepada peserta agar tidak terlalu serius dalam bertanya, artinya, pertanyaan yang diajukan sebaiknya pertanyaan yang menambah keakraban diantara peserta dan bukan yang membuat peserta tambah stress.
Contoh pertanyaan yang menyenangkan:
Apa yang membuatmu tersenyum setiap pagi?
Apa yang membuat Anda bisa move on dari dia? (wkwkwkwk..)
Apa yang membuat bapak memilih bekerja disini?
Apa yang bikin ibu senang?

Hal-hal yang disarankan tidak ditanyakan:
Apa yang membuat bapak stress di kantor?
Apa yang membuat ibu merasa beban hidup ibu terlalu berat?
Dan pertanyaan pertanyaan lain yang untuk menjawabnya akan ‘memanggil’ memori yang kurang menyenangkan.

Modifikasi:
Sesi bisa dijalankan secara berpasangan. Misalnya, tiap pasang diberi waktu 5 menit untuk saling bertanya, kemudian setelah lima menit masing masing orang mencari orang lain lagi yang ditanya. Batasi waktu karena orang bisa asik bercerita. Jika sudah selesai, pilih satu atau dia dengan cerita paling menarik.
Agar menambah keseruan, berilah musik sebagai latar belakang.
Selamat mencoba!

gambar: shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *