Anda Bukan Luka dari Masa Lalu

Anda Bukan Luka dari Masa Lalu

Oleh: Deepak Chopra.

Secara ilmiah, Anda bukanlah orang yang sama dari setahun yang lalu. Fisiologis dari sel-sel tubuh Anda, berubah setiap tahun. Walaupun secara mendasar tubuh Anda mengalami pembentukan setiap tujuh tahun. Jadi, dari mana asal memori? Ini adalah bidang energi kesadaran. Penelitian yang ekstensif terus dilakukan dan membuktikan efek racun patologis dari energi negatif pada tubuh. Jadi, apa yang Anda lakukan baik bagi diri Anda sendiri atau pun orang lain, adalah terus memelihara, menghidupkan kembali dan menceritakan kembali cerita-cerita penuh penderitaan? Anda seperti membunuh diri sendiri dan orang lain.
Benar-benar sebuah praktek halus dan fatal yang diadopsi sebagai sebuah budaya.

Mengapa budaya mikro dan makro Anda sama, begitu kecanduan sisi negatif ini dan “keburukannya?” Sebenarnya, Anda memiliki keinginan untuk menolak ‘rasa sakit’ yang ada. Karena hal itu menjadi pilihan pertama bagi setiap individu untuk mengenalinya dalam diri mereka. Coba ingat, berapa banyak Anda sudah terlibat dalam dunia kesedihan. Apakah pengalaman itu adalah bagian dari apa yang Anda pilih untuk tetap bahagia? Jika demikian, mengapa?

Ada bentuk halus dari manipulasi yang terjadi ketika membahas rasa sakit. Hal ini sangat berbahaya dan saya yakin orang tidak sadar tentang bagaimana mereka melakukannya. Rasa sakit dilayani dengan berbagai cara. Pertama-tama digunakan sebagai pembenaran untuk menghindar dari keadaan saat ini. Ia berfungsi sebagai “alasan”. Pembahasan rasa sakit ini juga membangkitkan respon simpati atau empati. Hal ini bisa mengarah kepada penjelasan akan apa yang Anda lakukan, bersikap lembut kepada Anda karena Anda adalah orang yang sedang terluka. Hal ini juga berfungsi sebagai penghalang atau perisai untuk keadaan saat ini.

Yang menakjubkan, lingkungan budaya dan sosial Anda memanfaatkan kisah sakit hati orang lain sebagai semacam moral modal sosial dalam kehidupan Anda sendiri. Sedangkan, yang lainnya serius mendengarkan rincian ‘tragedi berdarah’ dari kehidupan orang lain – dan Anda ‘bersenang-senang’ dalam kesedihan serta tragedi itu semua. Bagaimana Anda bisa mengikuti ego ini dan terlibat dalam percakapan tentang rasa sakit orang lain? Sungguh mengesankan! Saya takjub ketika seseorang keluar dengan kenikmatan setelah mendengarkan cerita-cerita ini dan selanjutnya memberitahu kepada yang lainnya. Anda seakan kecanduan terhadap hal tersebut.

Rasa sakit diartikan secara berbeda, baik budaya, etnis, agama bahkan yang dibawa oleh leluhur. Walau semuanya berlangsung dalam beberapa dekade atau beberapa abad yang lalu. Semua kesalahan, kesedihan dan kekuatan adalah pilihan individu untuk mengambil pengalamannya dan memanfaatkannya. Intinya, masa lalu tidak ada hubungannya dengan saat ini. Ini adalah pilihan, apakah Anda akan membawa mereka atau tidak.

Anda juga menciptakan penderitaan melalui kebijakan pemerintah dan ekonomi. Media juga tumbuh subur pada cerita-cerita negatif. Film-film yang mengagungkan kematian, ketakutan, kekerasan dan kehancuran. manifestasi kolektif yang disadari oleh kondisi ini dijadikan sarana untuk menjaga rasa sakit dalam hidup. Anda memiliki solusi, namun digadaikan kepada orang lain sebagai tanggung jawab mereka.

Ada guru atau dosen yang membantu membahas kenyataan dan menerima bimbingan internal sepanjang waktu. Ini terbukti. Mereka bersikeras untuk sebuah komitmen kecil dan kadang tindakan pengkhianatan diri sendiri yang dilakukan setiap hari dan sepanjang hari. Orang memiliki kompas internal yang benar dan yang salah. Setiap kali Anda mengkhianati apa yang Anda tahu, maka Anda melukai diri Anda sendiri dan orang lain.

Anda telah diberikan petunjuk sejak berabad-abad lalu. Namun, Anda menyangkal kemampuan Anda sendiri untuk mengambil jalan itu dan hidup damai. Penolakan itu adalah keinginan untuk bertahan ada rasa sakit. hal tersebut adalah pilihan bagi setiap individu untuk dikenali pertama kali dalam diri mereka. Ambillah beberapa contoh rasa sakit dan lihatlah bagaimana komitmen Anda. Bagaimana hal itu bekerja setelah bertahun-tahun, ada sepotong pilihan Anda untuk melihat apa yang tidak disukai.

Kesadaran adalah kuncinya. Akuntabilitas dari diri Anda sendiri dan orang sekitar Anda adalah menghentikan diri Anda dan lainnya dari “kesakithatian” dan menjadikannya sebuah awal yang kuat. Maka, Anda akan mulai sadar bahwa sebuah “emas” telah lahir dari pengalaman. Tinggal esensi sejati yang dimaksudkan untuk menjadi seperti manusia.
Mungkin mulai saat ini Anda dapat mengatur sebuah arena untuk paradigma budaya baru dari apa yang baik dan hebat. Bayangkan kemungkinannya! Anda harus bergeser dari seorang pecandu hal negatif, dan berkembang dari apa yang ada saat ini. Ini adalah tentang kesenangan. dalam kepuasan dan kebahagiaan, tidak ada persenjataan dan biasanya tidak ada kemampuan kecuali Anda hanya merasa lebih baik tentang diri Anda dan membantu orang lain di berbagai tingkatan.

Sumber: Majalah SME, April 2011
gambar: wallpaperfo.com
Anda Bukan Luka dari Masa Lalu

Older Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *