Ambil Saja dan Ceritakan

Ambil Saja dan Ceritakan

Ambil saja adalah game pelatihan yang sangat mudah dilakukan. Tidak butuh peralatan, bisa dimainkan di awal sesi saat kelas akan dijalankan dan semua orang bisa ikut serta termasuk panitia. Selain itu, semakin banyak jumlah peserta pelatihan akan semakin membuat game ini menjadi seru.

Tujuan game pelatihan
– perkenalan, sharing

Peserta game pelatihan
Semua, dalam posisi melingkar / duduk di tempatnya masing-masing

Waktu game pelatihan
10 – 15 menit

Proses Game Pelatihan Ambil Saja
Sebelum pelatihan dimulai, mintalah peserta untuk membentuk lingkaran besar sehingga semua orang bisa melihat satu dengan yang lainnya. Posisinya boleh berdiri atau duduk, tergantung siatuasi yang ada. Jika bisa duduk lebih nyaman karena lebih rileks. Bagaimana jika kelasnya sempit? Apakah ada alternatif lain untuk posisinya? Ada. Silahkan duduk di bangku masing-masing. Game ini dibuat untuk tidak merepotkan, tapi menyenangkan :)

Kemudian sampaikan, “Saya akan meminta bapak dan ibu untuk memilih salah satu buah benda yang ada di…” (silahkan pilih: ruangan ini, lokasi ini, di tempat makan, dari kotak yang disedikan atau dari mana saja selama Anda sudah mempersiapkannya)
“Pilihlah yang mempunyai hubungan dengan kondisi / keadaan bapak ibu, bisa saat ini, masa lalu atau masa yang akan datang. Yang ada ceritanya. Jika sudah mengambil, silahkan kembali ke tempat masing-masing.”

Setelah semua mengambil, sampaikan kepada mereka untuk berkelompok, masing masing kelompok berisi 3 orang. Kemudian setelah itu, mintalah mereka untuk saling menceritakan benda apa yang diambil dan apa alasan mereka mengambil benda tersebut. Ceritakan alasan utama mengapa benda itu yang diambil diantara sekian banyak benda yang lain. Jika salah seorang selesai bercerita, silahkan bergantian dengan yang lain.

Setelah semuanya bergantian bercerita, mintalah peserta untuk berkumpul lagi dalam lingkaran besar. Tanyakan apa yang terjadi, apakaha ada cerita yang paling menarik, alasan yang lucu yang membuat mereka mengambil benda itu, dan lain sebagainya. Jika ada cerita yang paling berkesan buat peserta yang lain, mungkin bisa anda beri hadiah untuk memeriahkan suasana.
Selamat mencoba!

gambar
ambil saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *