Aktivitas Pelatihan – Zoo

Aktivitas Pelatihan – Zoo

Dalam pelatihan, salah satu topik yang menarik untuk dibahas adalah mengenai paradigma, cara pandang atau mind set atau pola pikir. Paradigma atau mind set lah yang membentuk dunia yang kita tempati sehari hari. Dalam NLP atau Neuro Language Programming yaitu ilmu yang membahas bagaimana cara memprogram otak kita – dikatakan bahwa dunia yang kita tempati ini dibentuk oleh pikiran kita, oleh apa yang kita ingin lihat, dengar dan rasakan. Agar lebih memudahkan dan memorable dalam benak peserta pelatihan aktivitasnya dibuat menyenangkan seperti aktivitas pelatihan berikut ini.

Tujuan aktivitas pelatihan
– Mengenal lebih dalam mengenai paradigma dan pengaruhnya dalam kehidupan kita
– Mengetahui lebih dalam bagaimana orang lain menilai kita dan sebaliknya

Peserta
1 kelas

Waktu
30 menit – 1 jam

Setting
Class room, setting awal kelas di pisah menjadi 4 kelompok

Perlengkapan aktivitas pelatihan
– Flipchart, spidol aneka warna
– Isolasi / perekat yang tidak merusak dinding jika tidak ada flip chart

Proses aktivitas pelatihan
1. Bagilah kelas menjadi empat kelompok besar
2. Tempatkan masing-masing kelompok dalam ruangan yang berbeda-beda. Jika cuma ada satu ruangan maka aturlah supaya mereka duduk tidak terlalu dekat dan jangan ada komunikasi di antara satu kelompok dengan kelompok yang lain
3. Tugaskanlah tiap kelompok untuk membuat analogi kelompok mereka dengan binatang yang ada di kebun binatang (satu saja) lengkap dengan gambar dan alasan-alasannya. Pilihlah binatang dengan kondisi kelompok atau yang paling mendekati kondisi kelompok.
4. Setelah tugas selesai, mereka di minta untuk menganalogikan tiga kelompok yang lain, lengkap dengan nama binatang dan alasan-alasannya (jika waktu tidak memungkinkan, tidak usah digambar)
5. Setelah selesai, minta mereka semua berkumpul di kelas besar dan melakukan presentasi dengan menunjukkan alasan mengapa mereka memilih nama binatang itu. Lakukan debat kelas secara terbuka.
Pasti seru!

Debriefing aktivitas pelatihan
– Bagaimana rasanya setelah menyelesaikan aktivitas pelatihan ini? Apakah senang, sulit atau ada hal lain yang dirasakan?
– Apa yang Anda pelajari dari aktivitas pelatihan ini? bagaimana menghubungkan binatang yang dipilih dengan kelompok Anda? Dasar apa yang di gunakan? Apakah sifat masing masing orang dalam kelompok? Atau kah hobi, asal daerah?
– Menurut Anda apakah paradigma Anda sama dengan kelompok lain? Mengapa hal ini bisa terjadi? Apa akibatnya jika ada paradigma yang berbeda dalam memandang pekerjaan yang sama?
– Apakah ada ide baru yang timbul setelah Anda menyelesaikan aktivitas pelatihan ini?
Selamat mencoba!

literatur : More team games for trainers, Carolyn Nilson
gambar: madagascarwalpapers.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *