Aktivitas Pelatihan – Tanya Dong

Aktivitas Pelatihan – Tanya Dong

Aktivitas Pelatihan – Tanya Dong.
Aktivitas pelatihan ini cocok untuk digunakan setelah pembahasan salah satu topik selesai. Atau bisa juga digunakan setelah pelatihan selesai untuk sesi wrap up. Aktivitas Pelatihan ini sangat berguna untuk mendapatkan gambaran informasi yang diserap peserta pelatihan. Seberapa mereka mengerti sesinya, bagian-bagian mana yang perlu diimprove dan di bagian bagian mana mereka perlu penguatan lagi.

Tujuan Aktivitas Pelatihan
– Mengukur daya serap materi pelatihan
– Mengukur materi apa yang sudah baik
– Mengukur materi apa yang perlu ditingkatkan

Peserta Aktivitas Pelatihan
– Semua peserta

Waktu Aktivitas Pelatihan
– 15-20 menit

Setting Aktivitas Pelatihan
– Lingkaran

Perlengkapan Aktivitas Pelatihan
– 1 buah bola kecil
– Hadiah untuk pemenang (tambahan)

Proses Aktivitas Pelatihan
1. Setelah sesi pelatihan, sebelum pelatihan ditutup, buatlah sebuah lingkaran besar. Minta semua peserta berada di lingkaran tersebut.
2. Sebagai fasilitator, sambil berdiri ditengah lingkaran dan memegang sebuah bola kecil, sampaikanlah poin – poin penting dalam aktivitas pelatihan ini kepada peserta pelatihan. Yaitu: Fasilitator akan memegang bola dan akan melemparkannya secara acak kepada peserta yang ada di lingkaran. Sambil melempar, fasilitator akan berkata “Tanya dong, tolong jelaskan mengenai ….” Bagi peserta yang dituju, wajib menangkap bolanya. Kemudian yang bersangkutan wajib pula untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh fasilitator. Setelah menjawab, jawabannya akan langsung dinilai oleh fasilitator, apakah benar atau tidak. Jika benar, peserta tersebut boleh istirahat atau duduk kembali di kursi. Sebelum duduk, ia wajib melempar bola itu kepada peserta yang lain sambil mengajukan pertanyaan yang berbeda. Peserta yang mendapat lemparan bola tersebut wajib menjawab pertanyaan yang diajukan. Demikian seterusnya. Jika masih belum benar, peserta akan tetap ada di dalam lingkaran.

Debriefing Aktivitas Pelatihan
– Berapa banyak yang langsung benar saat ditanya?
– Berapa banyak yang mesti berada di lingkaran yang gagal beberapa kali menjawab pertanyaan?
– Hal apa yang menyebabkan mereka bisa menjawab pertanyaannya?
– Hal apa yang menyebabkan mereka gagal menjawab pertanyaannya?

Selamat mencoba!
gambar: popsugar.com
Aktivitas Pelatihan – Tanya Dong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *