Aktivitas Pelatihan – Membagi Tanah Warisan

Aktivitas Pelatihan – Membagi Tanah Warisan

Dalam Aktivitas Pelatihan ini, peserta di minta untuk membagi sebidang tanah warisan yang diberikan oleh fasilitator. Tanah warisan ini harus di bagi sama rata kepada sejumlah ahli waris yang ditunjuk. Agar cerita dalam aktivitas pelatihan ini lebih hidup maka fasilitator dapat memodifikasi cerita yang disampaikan dan menyesuaikan dengan kondisi peserta yang ada.

Tujuan Aktivitas Pelatihan
– Mengajak peserta untuk berfikir analitis
– Mengembangkan sikap keadilan dan bijaksana
– Mampu mempertahankan pendapatnya
– Mampu melakukan presentasi dengan baik

Peserta Aktivitas Pelatihan
Per kelompok 4-6 orang

Waktu Aktivitas Pelatihan
10 – 30 menit

Setting Aktivitas Pelatihan
Round table untuk tiap kelompok

Perlengkapan Aktivitas Pelatihan
– Peta Tanah
– penggaris
– cerita pendek dalam bentuk tulisan yang dilampirkan bersama Peta Tanah

Proses Aktivitas Pelatihan
1. Setelah peserta dikelompokkan menjadi beberapa kelompok maka fasilitator kemudian melakukan briefing. Dapat dipilih apakah akan melakukan briefing kepada ketua kelompok atau langsung kepada kelas. Dalam kasus aktivitas pelatihan ini akan lebih baik jika briefing diberikan kepada ketua kelompok jika aktivitas pelatihan ini dimasukkan ke dalam sesi komunikasi sehingga dengan demikian ketua kelompok langsung dapat mempraktekkan materi yang telah diberikan di sesi sebelumnya.

2. Dalam aktivitas pelatihan ini ukuran pemenang ditentukan oleh durasi waktu yang digunakan untuk menjawab serta nilai presentasi yang diberikan oleh kelompok lain. Skor gabungan dari dua aktivitas tersebut akan menentukan pemenangnya.

3. Kemudian aktivitas pelatihan dilanjutkan dengan tiap tiap kelompok melakukan presentasi. Walaupun fasilitator sudah memegang jawaban dari bagian tanah masing-masing ahli waris, namun alangkah baiknya jika itu hanya menjadi referensi. Karena salah satu tujuan dari aktivitas pelatihan ini adalah agar peserta mampu melakukan presentasi dengan baik.

4. Kasus: Ada sebidang tanah berbentuk L dengan bentuk simetris dengan sisi tinggi dan sisi lebar luar sama panjang. Lihat gambar dibawah. Tanah tersebut milik (…….., silahkan dimasukkan namanya) yang mempunyai ahli waris empat orang yaitu: A, B, C, D (silahkan dimasukkan namanya). Tugas: bagilah tanah tersebut sama besar untuk keempat ahli waris yang ada. Alangkah lebih baik jika dalam aktivitas pelatihan ini fasilitator dapat mengarang sebuah cerita yang menggambarkan betapa gentingnya proses pembagian tanah ini. Dapat pula digunakan batasan waktu diskusi (untuk menggambarkan waktu yang terbatas) serta role play kecil dari panitia bila diperlukan.

aktivitas pelatihan tanah warisan

Debriefing
– Apakah tantangan dalam menjalankan aktivitas pelatihan ini? Misalnya, bisa ditanyakan kepada peserta mengenai waktu yang terbatas, perbedaan yang timbul, dll
– Hal hal menarik apa yang ditemui selama aktivitas pelatihan ini dijalankan?
– Apakah ada ide baru yang timbul setelah Anda menyelesaikan  aktivitas ini?
– Bagaimana bentuk tanah yang dihasilkan?
– apa relevansinya dengan pekerjaan Anda?

Selamat mencoba! Silahkan mengisi form di bagian Contact Us untuk mendapatkan kunci jawabannya.

gambar: 74211.com
Aktivitas pelatihan membagi tanah warisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *