Aktivitas Pelatihan Lelang Pertanyaan

Aktivitas Pelatihan Lelang Pertanyaan

Aktivitas Pelatihan Lelang Pertanyaan sebenarnya adalah aktivitas bertanya kepada kelompok lain yang ada untuk menjawab tantangan yang dihadapi poleh suatu kelompok setelah materi diberikan.

Tujuan aktivitas pelatihan
– Bertanya tantangan tantangan yang berkaitan dengan materi training

Peserta aktivitas pelatihan
– Per kelompok

Waktu aktivitas pelatihan
– 15-20 menit di akhir sesi atau di hari berikutnya

Peralatan aktivitas pelatihan:
– Kertas flipchart, spidol

Setting aktivitas pelatihan
– Tidak diperlukan setting khusus. Hanya menulis pertanyaan di flipchart yang telah disediakan

Proses aktivitas pelatihan lelang pertanyaan :
Setelah sebuah topik atau sesi selesai, mintalah kepada tiap kelompok untuk membuat pertanyaan yang akan disampaikan kepada kelompok lain. Jumlah pertanyaannya bisa satu, dua atau tiga tergantung dari alokasi waktu yang disediakan. Bisa juga sesi pertanyaan ini dilakukan di hari berikutnya. Tergantung dari kenyamanan fasilitator apakah sebaiknya memang dilakukan di hari setelah topik dibahas atau keesokan harinya.

Setelah pertanyaan selesai, mintalah setiap kelompok berkeliling ke flipchart kelompok lain untuk melihat pertanyaan yang mereka ajukan. Jangan lupa untuk meninggalkan seorang anggota kelompok di flipchart kelompok untuk menjelaskan maksud pertanyaan kelompoknya sekiranya ada kelompok lain yang bertanya.

Setelah semua berkeliling, berilah waktu tiap kelompok untuk mendiskusikan pertanyaan mana yang akan di jawab dari semua pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lain. Penting untuk ditekankan kepada kelompok bahwa tidak semua pertanyaan dari kelompok lain wajib dijawab.
Bila perlu, fasilitator bisa menentukan jumlah pertanyaan minimal yang bisa dijawab oleh suatu kelompok.

Setelah sesi diskusi selesai, masuk ke sesi tanya jawab dimana kelompok yang mempunyai pertanyaan menjelaskan mengenai pertanyaannya kepada kelas. Kemudian secara bergantian setiap kelompok akan menjawab pertanyaan yang diajukan itu.

Modifikasi: Untuk meningkatkan partisipasi kelompok dalam menjawab, bisa juga menggunakan poin bagi setiap pertanyaan yang dijawab.

Debrief
Tidak ada debrief khusus yang dilakukan karena ini bagian dari perjalanan training dari awal hingga selesai. Silahkan ditutup dengan pandangan umum dari fasilitator atau bisa juga membahas pertanyaan yang belum tuntas.
Selamat mencoba!

gambar: lifehack.org
Aktivitas Pelatihan Learning wall

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *