Aktivitas Pelatihan Learning Wall

Aktivitas Pelatihan Learning Wall

Aktivitas Pelatihan Learning Wall. Aktivitas pelatihan ini mudah dijalankan, tidak butuh ketrampilan khusus dan semua peserta bisa menjalankannya tanpa kesulitan. Aktivitas ini akan membuat kelas training menjadi meriah -karena banyak tempelan tempelan- juga tampak ‘lagi ada training beneran’ karena dinding-dinding kelas akan penuh kertas flipchart.

Tujuan aktivitas pelatihan
– Mencatat hal-hal menarik yang ditemui peserta selama training
– Sebagai media rangkuman harian materi yang disampaikan

Peserta aktivitas pelatihan
– Individu

Waktu aktivitas pelatihan
– 5-10 menit di akhir sesi atau di awal sesi

Peralatan aktivitas pelatihan:
– Kertas flipchart, spidol, isolasi, dinding

Setting aktivitas pelatihan
– Tidak diperlukan setting khusus. Hanya diperlukan dinding yang luas untuk menempel learning wallnya

Proses aktivitas pelatihan learning wall :
Sebelum kelas pelatihan dimulai bagikan kepada tiap peserta selembar kertas flipchart dan sebuah spidol. Kemudian sampaikan bahwa mereka akan membuat learning wall, yang berisi catatan selama pelatihan. Untuk tahap pertama minta peserta untuk membagi kertas flipchart yang dibagikan menjadi empat bagian yang sama besar.

Bagian pertama, kiri atas, di isi saat itu juga. Isinya yaitu mengenai harapan yang ingin di dapat selama pelatihan. Berilah waktu peserta untuk menuliskannya. Sebaiknya tulisan menggunakan spidol besar sehingga mudah terbaca. Setelah selesai, minta mereka menmpelkannya di dinding kelas.

Bagian kedua, pojok kanan atas. Ini untuk menuliskan hal hal atau pelajaran yang menarik yang ditemui selama pelatihan hari pertama. Waktu pengisiannya bisa di akhir sesi sore sebelum penutupan hari pertama atau besok pagi sebelum hari kedua keals dijalankan. Terserah kepada fasilitator lebih enak yang mana untuk menjalankannya.

Bagian bawah kanan dan kiri. Ini untuk menuliskan pembelajaran yang di dapat di hari hari berikutnya. Jika trainingnya cuma sehari, biasanya tidak digunakan learning wall yang besar seperti ini, tetapi hanya menggunakan post it saja apa yang diharapkan dari pelatihan.

Debrief
Tidak ada debrief khusus yang dilakukan karena ini bagian dari perjalanan training dari awal hingga selesai. Setelah selesai, minta mereka untuk secara individu berfoto di sebelah learning wallnya sebagai alat pengingat bahwa mereka pernah belajar sesuatu.
Selamat mencoba!

gambar: 1freewallpapers.com
Aktivitas Pelatihan Learning wall

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *