Aktivitas Pelatihan Ini Penting Lho..!

Aktivitas Pelatihan Ini Penting Lho..!

Aktivitas Pelatihan Ini Penting.. Lho! Aktivitas Pelatihan ini dapat digunakan sebagai creativity booster yang bisa dilakukan untuk mencari ide-ide segar dan orisinil setelah meeting seharian yang bisa jadi menemui kelelahan dan jalan buntu. Terkadang walau telah meluangkan waktu yang cukup lama untuk membangkitkan gagasan, ide yang muncul belum sesuai dengan yang diharapkan dan kita merasa konsentrasi semakin lama semakin mengendur dalam pemusatan pikiran dan energi. Terkadang yang dibutuhkan dalam kondisi ini adalah jeda / break. Atau kita bisa menggunakan teknik aktivitas pelatihan yang penuh daya kreativitas.

Tujuan Aktivitas Pelatihan
– Mencari ide-ide segar
– Sebagai creativity booster

Peserta
Seluruh peserta pelatihan / meeting

Waktu
30 menit – 1 jam

Setting Ruangan
U shape / island

Perlengkapan Aktivitas Pelatihan
– Flipchart, spidol aneka warna

Proses Aktivitas Pelatihan

1. Mintalah peserta (bisa perorangan / per group) untuk keluar ruangan dan kembali lagi dengan membawa sebuah benda. Benda itu bisa saja hanya berupa kertas yang lusuh, bungkus permen, kertas tisu, dll.

2. Kemudian, setiap mereka diminta untuk melakukan presentasi di di dalam kelompok (jika penugasannya perorangan) dan dengan penuh antusias mereka harus menghubungkan benda tersebut dengan permasalahan yang sedari pagi mereka diskusikan dan belum ada solusi yang memuaskan. Solusinya?  Ya benda yang mereka bawa itu. “Benda ini penting karena….”

3. Bila diskusi di dalam team sudah selesai maka adakanlah diskusi kelas yang mengadu kreativitas antar kelompok. Buatlah suasana kelas menjadi debat yang hangat dan cair. Persiapkan hadiah bagi mereka yang paling kreatif bila di rasa perlu.

4. Teknik ini akan sangat berhasil apabila Anda menantang untuk menemukan benda-benda aneh atau mengejutkan. Teknik ini juga dapat membuat orang tertawa dan memberikan energi sehingga mendorong orang menjadi lebih kreatif.

5. Setalah hasilnya di dapat, hubungkanlah benda tadi dengan permasalahan awal yang ingin dicari solusinya.

Debriefing Aktivitas Pelatihan
– Bagaimana rasanya setelah menyelesaikan aktivitas ini?
– Apa yang Anda pelajari dari aktivitas pelatihan ini?
– Menurut Anda apakah benda yang telah dipilih sudah tepat? mengapa?
– Apakah ada ide baru yang timbul setelah Anda menyelesaikan aktivitas ini?

Selamat mencoba!
sumber : Brian Clegg, paul Birch, Instant Creativity, Esensi, 2006
gambar: merdeka.com
Aktivitas Pelatihan Ini Penting Lho..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *