7 Rahasia Kaya Raya ala Babylon

7 Rahasia Kaya Raya ala Babylon

Kemuliaan dan kekayaan Babylon terus berlanjut. Selama berabad-abad reputasinya sebagai kota terkaya tersebar luas dan kekayaannya sungguh luar biasa. Kekayaan Babylon merupakan hasil kebijaksanaan orang-orangnya. Babylon menjadi kota terkaya di dunia karena warganya adalah orang-orang terkaya pada jamannya. Mereka menghargai nilai uang. Mereka mempraktekkan prinsip-prinsip keuangan yang amat mendalam dalam upaya mereka untuk mendapatkan uang, mempertahankannya, dan membuatnya menghasilkan uang lebih banyak lagi. Mereka menyiapkan bagi diri mereka apa yang kita semua inginkan: Pendapatan yang melimpah untuk masa depan. Berikut, 7 Rahasia Kaya Raya ala Babylon:

1. Mulailah menggemukkan pundi-pundimu.
Untuk setiap sepuluh keping uang logam yang kalian masukkan ke dalam pundi-pundi kalian, ambil saja sembilan untuk digunakan. Maka pundi-pundi kalian akan segera mulai gemuk, tambah berat, terasa enak dalam genggaman, dan akan memuaskan jiwa.

2. Kendalikan pengeluaranmu. Bahwa apa yang kita sebut sebagai ‘pengeluaran yang perlu’ akan selalu berubah sejalan dengan pemasukan kita, kecuali kalau kita mau menentangnya. Janganlah dikacaukan istilah ‘pengeluaran yang perlu’ dengan keinginan. Pelajari dengan seksama kebiasaan-kebiasaan hidup kita. Dari sini dapat ditemukan pengeluaran-pengeluaran tertentu yang masih dapat diterima, yang mungkin dapat dikurangi atau dihilangkan dengan cukup bijaksana. Kemudian buatlah anggaran atas pengeluaran-pengeluaran yang perlu. Jangan sentuh sepersepuluh yang sekarang sedang menggembungkan pundi-pundi kita.

3. Lipat gandakan emas (uang).
Emas dalam pundi-pundi memang enak dimiliki dan dapat memuaskan jiwa yang dahaga, tetapi tidak menghasilkan apa-apa. Emas yang kita sisihkan dari pendapatan kita cuma untuk permulaan. Penghasilan yang dapat diberikan emas itu akan membangun peruntungan bagi kita. Buatlah agar setiap kepingnya bekerja sehingga dapat menghasilkan emas lagi, seperti kawanan ternak di padang, serta memberimu pendapatan, yaitu aliran kekayaan yang akan terus mengisi pundi-pundimu.

4. Jaga harta agar tidak lenyap.
Prinsip dasar investasi yang pertama adalah mengamankan modal pokok kalian. Apakah bijaksana bila tergoda oleh pendapatan yang lebih besar tetapi modal pokok kalian bisa hilang? Pelajarilah dengan seksama setiap jaminan untuk dapat memperolehnya kembali dengan aman sebelum mengeluarkan harta kalian. Jangan sampai terjerumus oleh keinginan romantis kalian untuk menjadi kaya dengan cepat. Tanamlah modal dimana modal pokoknya terjamin aman, dapat ditarik bila diinginkan, dan terjamin untung yang adil. Mintalah nasihat kepada orang-orang yang bijaksana. Lakukan nasehat mereka yang berpengalaman dalam memutar uang secara menguntungkan. Dan biarlah kebijaksanaan mereka melindungi hartamu dari investasi yang tidak aman.

5. Jadikan tempat tinggal sebagai investasi yang menguntungkan. Milikilah rumah sendiri.

6. Buatlah pendapatan di masa depan terjamin.
Kita harus membuat persiapan agar kita memiliki pendapatan yang memadai untuk masa yang akan datang, ketika tidak muda lagi, dan membuat persiapan-persiapan bagi keluarga kita, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan dukungan terhadap mereka juga kalaupun misalnya kita sudah tidak ada lagi bersama mereka.

7. Tingkatkan kemampuan memperoleh pendapatan.
Keinginan mendahului pencapaian. Keinginan kita harus kuat dan jelas. Umumnya, keinginan tidak lebih dari sebuah kerinduan yang lembek. Keinginan untuk menjadi kaya terlalu umum sifatnya dan cuma sedikit manfaatnya. Sedangkan keinginan untuk memperoleh lima keping emas merupakan keinginan yang konkret dan jelas, dan dapat dikejar sampai terpenuhi. Setelah menterjemahkan keinginan menjadi tujuan yang konkret dan jelas, maka cara-cara untuk mendapatkan 10 keping emas akan akan terbuka, kemudian 20 keping emas, dan kelak 1000 keping. Dan lihatlah, ia telah menjadi kaya. Dengan belajar meraih keinginan kecil yang konkret dan jelas, maka ini adalah proses untuk meraih yang lebih besar lagi. Keinginan harus sederhana dan jelas, kalau terlalu banyak akan membingungkan.

“Di Babylon para siswaku, ada banyak emas lebih dari yang kalian impikan. Ya, berlimpah ruah bagi semua orang. Ayo, ambil langkah dan laksanakan kebenaran-kebenaran ini sehingga kalian dapat tumbuh dan meraih kemakmuran sebagaimana yang menjadi hak kalian. Ayo ambil langkah dan ajarkan kebenaran-kebenaran ini sehingga setiap orang akan dapat ikut serta menikmati kekayaan berlimpah dari kota tercinta ini.”
-Arkad, orang paling kaya di babylon-

sumber: George S Clason, The Richest Man in Babylon.
gambar: wallpaperseries.com
7 Rahasia Kaya Raya ala Babylon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *