7 Karakter Kaya Mental untuk Sukses

7 Karakter Kaya Mental untuk Sukses

Oleh: Andrie Wongso.

Dari semua kisah legenda, mulai dari zaman Romawi kuno hingga tokoh-tokoh fiksi yang melegenda hasil karya tangan-tangan kreatif dunia perfilman modern, ada satu kesamaan nyata yang melekat. Yakni, semua tokoh yang tercipta, pasti meninggalkan kenangan berupa karakter kuat yang menjadikan mereka seorang yang dikenang sepanjang masa. Tipikal kisahnya pun bisa dikata senada. Hidup dengan penderitaan, namun mampu terus berjuang hingga menjadi sang pemenang sejati dalam kehidupan. Gemblengan berupa halangan dan tantangan adalah “kawah candradimuka” yang membentuk mereka menjadi pribadi kuat, mempunyai karakter dan bersahaja. Ibarat berlian yang tak ternilai harganya, tempaan yang membuatnya menjadi batu indah nan keraslah yang membuatnya memiliki karakter sebagai batu berharga.

Begitu pula kehidupan kita. Kekuatan karakter yang terbentuk dalam perjuangan menjalani kehidupan akan menjadi pembeda antara satu pribadi dengan yang lainnya. Di sinilah pentingnya tempaan mental sehingga seorang Soekarno dan Mohammad Hatta mampu menjadi Bapak Bangsa yang dikenang sepanjang masa. Atau bagaimana pula seorang Bunda Theresa dikenal seluruh dunia dengan karakter kisah cinta kasihnya meski ia hidup sangat sederhana. Tak hanya itu, masih banyak toko dunia lain yang dikenang dan dikenal hingga melewati batas zaman. Mereka telah berhasil mengukir namanya dengan tinta emas yang tak kan hilang sepanjang sejarah kehidupan.

Lantas bagaimana agar kita mampu menjadi pribadi yang dikenang dengan keunggulan dan kekuatan karakter kita? Seperti filosofi yang sering saya sebut ”Success is my right”, sukses adalah hak saya, hak Anda, hak semua orang yang menyadari,menginginkan, dan memperjuangkan dengan sepenuh hati. Maka setiap orang perlu sadar dan kemudian berusaha mewujudkan mimpinya dengan cara-cara yang terukur, terencana dan penuh perhitungan yang dilandasi karakter yang sering saya sebut sebagai karakter kaya mental.

Ada sebuah ungkapan: “Kehilangan harta, Kehilangan satu hal; kehilangan kesehatan, kehilangan banyak hal; kehilangan karakter, kehilangan segalanya. “Hal tersebut menggambarkan, betapa pentingnya karakter untuk terus dilebur dalam berbagai tindakan guna meraih kesuksesan. Untuk itu agar semakin mantap melangkah berikut 7 karakter utama kaya mental yang bisa kita praktekkan untuk mencapai apa yang diimpikan.

Karakter I: Selalu berpikir positif
Salah satu kunci sukses yang perlu kita tanamkan adalah karakter berpikir serba mungkin. Presiden John F Kennedy pernah bermimpi untuk mengirimkan orang ke bulan. Dan, itulah kenyataan yang terjadi sekarang. Inilah bukti bahwa sebuah impian jika terus terpelihara dan dipupuk dengan tindakan-tindakan nyata akan membuka jalan menuju kesuksesan. Karakter selalu berpikiran positif akan mengarahkan kita pada berbagai pencapaian yang terukur dan terencana, demi mencapai tujuan yang diimpikan.

Karakter II: Punya integritas
Seseorang yang memiliki karakter integritas akan menjadi sosok yang bisa dipercaya dan mampu menjadi pribadi yang utuh dan memancarkan kewibawaan untuk melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Mohammad Hatta adalah salah satu tokoh dengan karakter berintegrasi tinggi yang sangat dikenal anti korupsi, Dalam satu kisah beliau disebut harus menabung beberapa tahun untuk membeli sepatu yang diidamkan. Padahal, dengan jabatan sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia seharusnya dengan mudah Bung Hatta mendapatkannya.

Karakter III: Tanggung jawab
Sebagai pribadi unggulan, maka karakter tanggung jawab harus menjadi prioritas untuk mengerjakan semua tugas. Seorang prajurit rela bertempur di medan laga dan bertaruh nyawa akan dikenang sebagai pribadi dengan karakter penuh tanggung jawab. Dalam hal ini, tanggung jawab harus dilaksanakan dengan sepenuh hati untuk selalu memberikan hasil maksimal dari apa yang harus dikerjakan. Seorang Bill Porter, salesman paling sukses di Amerika mampu melegenda karena meski cacat, ia menunjukkan karakter tanggung jawab yang luar biasa pada profesinya. Ditolak berkali-kali, Bill Porter tak pernah menyerah karena apa yang diperjuangkan saat itu baginya adalah tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan.

Karaktrer IV: Disiplin
Bangsa yang maju, pasti memiliki karakter kedisiplinan yang tinggi, Jepang, Korea, atau negara tetangga kita Singapura. Jika diperhatikan, Negara-negara tersebut memiliki karakter di mana semua tepat waktu, bekerja dengan ritme yang teratur, serta tertata dengan rapi sehingga apa yang dikerjakan mampu berjalan dengan maksimal. Kebiasaan-kebiasaan semacam itu membentuk masyarakat di sana menjadi pribadi-pribadi yang mempunyai kararter serta mengerti dan taat aturan. Tak heran jika mereka mengalami kemajuan dengan karakter positif yang selalu tertanam dalam kedisiplinan yang dijalankan.

Karakter V: Menghargai orang lain
Kemampuan untuk menghargai orang lain akan melahirkan toleransi dan kebersamaan yang membawa kebaikan bersama. Menghormati setiap kewajiban dan hak masing-masing individu, bekerja dan saling dukung dengan fungsi dan peran masing-masing, serta mampu menempatkan diri di tengah masyarakat, termasuk juga selalu peduli pada orang lain adalah karakter kekayaan mental yang akan membawa kebahagiaan bersama. Bunda Theresa adalah salah satu contoh nyata bagaimana karakter dan keteguhan hatinya untuk berbagi cinta kasih dan kepedulian dengan menghargai sesama telah menjadikannya sebagai tokoh yang dikenang sepanjang masa.

Karakter VI: Selalu berpikir ke depan
Agar menjadi manusia unggul, kita harus selalu memiliki karakter visi jauh ke depan. Sebab, dengan visi itulah, kita akan selalu bisa menentukan target besar dan menantang untuk diraih sehingga semangat terus berkobar untuk mencapainya. Dengan selalu berpikir one step ahead, kita akan terbiasa menyiapkan perencanaan-perencanaan yang akan memantapkan jalan kita menuju impian. Bill Gates adalah contoh seseorang yang memiliki visi jauh ke depan saat dirinya akan menghadirkan komputer ke rumah-rumah. Terbukti, visi tersebut kini telah menjadi nyata dengan kehadiran Microsoft sebagai raja software.

Karakter VII: Sadar bahwa tidak ada jalan yang rata untuk sukses
Semua pasti butuh proses. Semua pasti mengalami halangan dan rintangan. Dan sebenarnya, justru itulah “vitamin” yang akan mengantarkan kita pada kesuksesan. Dengan kesadaran bahwa semuanya butuh diperjuangkan, maka kita akan mempunyai karakter yang kuat menghadapi goncangan. Tak ada satu pun tokoh sukses dunia yang tak mengalami berbagai ujian. Namun justru dengan ujian tersebut, perjuangan mereka justru mengkristal sehingga melahirkan kekayaan mental utuh yang mengantarkan mereka pada pencapaian yang mampu melewati batas zaman.

Itulah ketujuh karakter kaya mental yang jika dilebur dalam diri akan melahirkan kekuatan luar biasa dalam kehidupan. Namun, itu semua tertentu hanyalah sebagian saja dari modal karakter kaya mental yang harus dimiliki seseorang untuk sukses. Sebenarnya, masih banyak lagi karakter unggulan lain yang masing-masing harus dikedepankan utnuk meraih kesuksesan. Yang pasti, dengan terus berusaha, berkarya, berjuang dan melangkah dengan karakter yang terus diasah dan digembleng pada berbagai “kawah candradimuka”, maka kita pasti akan menjadi manusia-manusia unggulan di berbagai bidang dan peran yang kita jalankan.

sumber: Andrie Wongso, Majalah Motivasi Luar Biasa, Juni 2010
gambar: likeatme.com

7 Karakter Kaya Mental untuk Sukses

 

  1. omega saragih /br regar 27 July 2015, 6:30 am

    thank you

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *