7 Ciri Cerdas Emosi untuk Kesuksesan

7 Ciri Cerdas Emosi untuk Kesuksesan

7 Ciri Cerdas Emosi yang ada di artikel ini dirangkum dari artikel Matt Valentine dalam blog goaldcoast. Menurut artikel tersebut, jika ingin sukses, maka kita sebaiknya mulai membangun ke 7 ciri cerdas emosi berikut:

1. Punya Kesadaran Diri. Ciri pertama dari 7 ciri cerdas emosi adalah kita mempunyai kesadaran diri / self awareness. Apa itu Self Awareness? Self Awareness adalah kemampuan kita untuk menyadari akan apa yang terjadi pada diri kita. Mampu mendeteksi kapan emosi kita naik, kapan emosi turun, apa dampaknya, dan sebagainya. Tak heran jika ini menjadi ciri pertama. Karena seperti pepatah katakan: kenali dirimu sendiri sebelum mengenali orang lain.

2. Dapat Menangkap Perasaan Orang Lain. Ini adalah ciri kedua. Kecerdasan emosional terdiri dari dua bagian. Satu di dalam diri Anda, satu di orang lain. Orang yang cerdas secara emosional tidak hanya menyadari dirinya, tetapi juga sadar akan emosi orang lain. Mengapa ini penting? Karena setiap hari kita berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan untuk membaca kapan kita harus menghibur teman ketika dibutuhkan atau kapan hanya menjadi pendengar yang baik adalah kemampuan yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin yang hebat.

3. Pendengar yang Baik. 7 Ciri cerdas emosi berikutnya adalah kemampuan mendengarkan. Tidak semua orang mampu melakukan hal ini, apalagi bagi mereka yang kepalanya sudah penuh ingin ditumpahkan untuk memberi solusi. PAdahal, ketika ada orang bercerita kepada kita, belum tentu ia minta solusi, bisa jadi ia hanya perlu didengarkan. Komunikasi yang efektif tidak dapat terjadi jika semuanya bicara. Harus ada yang mendengarkan. Orang yang cerdas secara emosional tahu bagaimana mendengarkan, bukan hanya kata-kata tetapi juga konten emosional mereka.

4. Punya Kesadaran Lingkungan. Lebih dari sekadar kesadaran akan emosi orang lain, kesadaran lingkungan adalah kemampuan untuk memahami suasana hati dan tingkat energi dalam kelompok. Ini adalah salah satu dari beberapa kualitas yang membuat orang-orang cerdas secara emosional menjadi pemimpin yang hebat, mereka dapat mengambil energi dari tim dan mengarahkan mereka ke arah yang benar.

5. Mengantisipasi dan Merespon Secara Efektif. Lebih dari sekadar sadar tentang apa yang sudah terjadi, orang yang cerdas secara emosi sering memiliki kemampuan untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi dengan membaca konten emosi dari orang-orang yang berinteraksi dengan mereka. Ini memberi mereka kemampuan untuk merespons secara lebih efektif terhadap situasi tak terduga sehingga tetap menempatkan mereka dalam kendali.

6. Mempunyai Empati. Empati mencakup kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain dan memahami bagaimana perasaan mereka. Kedua hal itu sendiri adalah sifat yang sangat berharga yang tidak hanya akan membuat Anda lebih bahagia dan lebih sukses, tetapi juga membantu orang-orang di sekitar Anda.

7. Bagus dalam tekanan. Karena orang yang cerdas secara emosi memiliki kesadaran diri yang lebih besar, sehingga ketika berada di bawah tekanan, mereka tahu kapan dan bagaimana meresponnya. Ini adalah salah satu manfaat paling signifikan dari kecerdasan emosi yang tinggi, karena dapat menghadapinya dengan efektif. Dalam dunia yang menjadi semakin stres dan tekanan yang tinggi, orang yang cerdas secara emosi siap untuk menghadapi tekanan itu dengan cara yang sehat dan produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *