6 Elemen Presentasi yang Efektif

6 Elemen Presentasi yang Efektif

6 Elemen Presentasi Efektif mempunyai judul asli Elements Of An Effective Speech. Di tulis oleh Lenny Laskowski, pengarang buku 10 Days to More Confident Public Speaking.

Setiap orang bisa melakukan presentasi. Namun, tidak semuanya bisa memberikan presentasi yang efektif. Agar dapat memberikan presentasi yang efektif, ada 6 elemen yang berperan didalamnya, yaitu:

1. Persiapan. Persiapan adalah elemen yang paling penting. Berapa lama rata-rata Anda mempersiapkan diri sebelum presentasi? Aturan umum yang berlaku, minimal Anda mengalokasikan waktu 30 jam untuk persiapan dan latihan untuk setiap jam presentasi yang akan Anda sampaikan. Gunakan alat perekam suara atau video kan saat Anda latihan presentasi. Ini akan membantu Anda untuk memberikan gambaran yang tepat bagaimana Anda berbicara di depan umum.

2. Mengambil contoh dari pengalaman pribadi. Ambillah contoh dari pengalaman pribadi Anda sendiri. Namun, untuk beberapa kasus, Anda perlu hati-hati menyampaikannya karena jangan sampai terkesan sombong dan merasa hebat sendiri. Audience sedikit banyak akan tahu apakah cerita itu Anda besar-besarkan atau tidak. Contoh ini perlu agar audience mendapatkan kesan bahwa Anda tidak hanya bicara tetapi juga telah menerapkan apa yang Anda bicarakan. Dan yang paling penting dari sharing yang Anda berikan adalah audience akan paham lebih mudah serta mendapatkan contoh bagaimana menerapkannya dari cerita yang Anda sampaikan.

3. Tenang. Tenang adalah elemen ketiga untuk dapat memberikan presentasi yang efektif. Untuk tenang, Anda harus melakukan persiapan dan latihan. Jika tenang, Anda bisa fokus kepada materi Anda. Gunakan bahasa tubuh yang sesuai dengan pesan yang ingin Anda sampaikan. Latihlah pembukaan dari presentasi Anda dan latiih pula bagaimana persisnya itu akan Anda lakukan karena Audience akan menilai Anda dari 30 detik pertama.

4. Gunakan humor yang alami. Jangan mencoba untuk menjadi seorang yang ikut kontes Stand Up Comedy. Gunakan humor alami dari cerita yang Anda alami sendiri. Jangan menjadikan audience sebagai bahan humor. Jika ingin mencari bahan, diri pribadi lebih baik dan tidak beresiko. Namun, jangan berlebihan.

5. Posisi, posisi, posisi. Jangan lupa untuk berlatih dimana Anda akan berdiri dan posisi sikap seperti apa yang akan Anda ambil. Minimal pilihlah 3 posisi: Di tengah panggung, di kanan panggung dan di kiri panggung. Latihan tidak hanya dengan posisi, namun bagaiamana Anda menyampaikan ide secara efektif sambil berpindah dari posisi satu ke posisi yang lain. Pastikan untuk selalu melakukan eye contact dengan audience.

6. Perhatikan hal detail. Pastikan sebelum acara Anda sudah mengetahui dimana lokasinya (gedung, hotel, ruang, jam). Tanyakan juga bagaimana Anda bisa sampai ke sana dan rute alternatif jika ini pertama kali Anda ke sana. Tanyakan juga jumlah audience, dan jangan lupa peralatan yang ingin Anda bawa: jangan sampai tertinggal. Membuat checklist adalah salah satu cara termudah untuk mengatasi hal ini. Datanglah lebih cepat dari jadwal agar Anda mempunyai waktu persiapan yang memadai dan melakukan perubahan-perubahan kecil jika memang perlu dilakukan.

sumber: ljlseminars.com
gambar:placerluxuryproperties.com
6 Elemen Presentasi yang Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *