5 Tantangan Awal Entrepreneur

5 Tantangan Awal Entrepreneur

Ketika memulai bisnis, inilah 5 Tantangan Awal Entrepreneur yang bisa muncul serentak dan tiba-tiba di hari pertama:

1. Mendefinisikan ulang siapa Anda:
Saat kita bekerja, hal ini tidak perlu kita pikirkan karena kita akan mendapatkan titel, jabatan dan pekerjaan yang akan dilakukan. Namun, ketika melakukan bisnis sendiri, hal ini perlu kita definisikan sendiri dari hal yang paling mudah hingga yang paling sulit. Misalnya: Mengapa Anda memulai bisnis? Apa tanggung jawab utama Anda? Bagaimana cara mendapatkan pelanggan? Apa yang dilakukan agar bisnis berjalan lancar? Bagaiamana menghadapi pelanggan agar ia mau kembali lagi? dan masih banyak pertanyaan lain. Walau pun terkadang hal ini tidak muncul secara eksplisit, namun otak kita secara otomatis akan memikirkannya.

2. Bekerja dengan minim petunjuk: Saat Anda bekerja, semua SOP -Standard Operating Procedures- sudah siap menyambut Anda. Namun, saat Anda menjadi entrepreneur maka petunjuk seperti SOP ini belum ada. Kalau pun ada, baru sebatas ide-ide yang muncul di kepala. Artinya, Anda memulai bisnis ini dengan hal baru yang benar-benar fresh: nol. Ingatlah bahwa bisnis ini dimulai dari Anda dan akan berakhir di Anda kembali. Membuat SOP mungkin bagi Anda saat ini belum diperlukan secara tertulis, namun tetap membutuhkan ketegasan dan keberanian untuk menjalankan kapal yang Anda buat dan nakhodai sendiri.

3. Rasa yang campur aduk: Senang, ragu, bingung, takut, adalah beberapa rasa yang muncul di saat-saat awal membangun bisnis. Dengan kurangnya masukan dari mentor dan stress yang datang saat menjalankan bisnis, hal ini tidak terhindarkan.

4. Manajemen Stress:
jangan membodohi diri sendiri dengan mengatakan bahwa menjalankan bisnis sendiri itu mudah. Tekanan yang terjadi bisa luar biasa besarnya. Sampai Anda belajar bagaiamana cara mengatasinya, Anda akan merasakan kegelisahan yang muncul di tahap-tahap ini. Bisa jadi pelanggan Anda yang rewel menelpon di hari minggu dan Anda tahu, pasti ini masalah. Namun, Anda tidak bisa mengacuhkannya begitu saja seperti saat Anda bekerja karena ada orang lain yang akan mengatasinya. Anda harus mengangkat teleponnya. Pff.. tarik nafas, angkat teleponnya, dan sapa pelanggan Anda.

5. Masalah keuangan: Ketika ada sesuatu yang terjadi di luar rencana, maka yang terkena dampak adalah cash flow, darah dari perusahaan Anda. Ketika cash flow terhambat, perusahaan Anda dalam bahaya besar. Konsekuensinya tidak hanya akan dihadapi oleh perusahaan Anda, tapi juga keluarga Anda.

Karena itu, berhati-hatilah ketika memulai bisnis, karena inilah 5 Tantangan Awal Entrepreneur yang bisa muncul serentak dan tiba-tiba di hari-hari pertama bisnis Anda. Ingatlah bahwa ada beberapa pembicara dalam seminar entrepreneur hanya memberitahu Anda manis-manisnya saja, sementara pahitnya disembunyikan.

sumber & gambar: success.com
5 Tantangan Awal Entrepreneur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *