5 Kunci Tim yang Sukses versi Google

5 Kunci Tim yang Sukses versi Google

5 Kunci Tim yang Sukses. Baru-baru ini Google merilis hasil penelitiannya selama dua tahun mengenai faktor-faktor apa saja yang bisa membuat sebuah tim menjadi sukses. Ternyata, bagaimana anggota tim berinteraksi antara satu dengan yang lain lebih memegang peranan penting dibanding dengan siapa yang ada di tim itu. Ditambah lagi dengan bagaimana struktur pekerjaan yang ada di dalam tim serta bagaimana mereka melihat kontribusi mereka di dalam tim. Who is on a team matters less than how the team members interact, structure their work, and view their contributions.

Apa sajakah 5 Kunci Tim yang Sukses itu?
1. Psychological safety: Anggota tim merasa aman dan nyaman dalam pekerjaan untuk mengambil resiko dan diberi masukan di depan anggota tim yang lain. Mereka tidak merasa terintimidasi atau merasa disalahkan jika membuat kesalahan. Menciptakan hal ini bukanlah perkara yang mudah. Terutama bagi pemimpin yang ada di tim itu. Ia harus dapat memastikan bahwa hal ini dapat terlaksana dengan baik karena menjadi landasan bagi keempat hal lain yang akan dibangun diatasnya. Tidak mudah bagi seorang pemimpin untuk menciptakan budaya kerja dimana setiap orang bisa berkreasi, berbagi ide tanpa takut di cela atau di cemooh. Jika itu berhasil, maka tugas penting kedua adalah: bagaimana anggota tim berani mengambil resiko dan tidak takut dengan resiko yang di ambil dalam pekerjaannya. Jika Anda sebagai pemimpin, maka ciptakanlah dua hal ini sebagai pondasi dasar tim Anda.

2. Dependability:
Anggota tim menyelesaikan tugas yang diberikan tepat waktu sesuai standar tinggi yang diterapkan di Google. Untuk mencapai hal ini selain diperlukan kapabilitas dan kapasitas individu serta diperlukan kemampuan pemimpin dalam memimpin timnya sehingga yang terjadi bukan hanya sekali dua kali, tetapi selalu berhasil menyelesai tugas yang diberikan.

3. Structure & clarity: Anggota tim mempunyai peran, rencana kerja dan tujuan yang jelas. Banyak tim yang beranggotakan orang-orang yang hebat di dalamnya tetapi gagal mencapai hal ini karena ketidakjelasan peran yang diembannya. Karena itu, seorang pemimpin sedapat mungkin selain memberikan peran yang jelas kepada setiap anggota timnya juga memastikan bahwa setiap tugas yang diberikan peran-peran ini dijalankan dengan baik sehingga rencana kerja yang dijalankan terlaksana dan mencapai tujuan yang diharapkan bersama.

4. Meaning: Bekerja mempunyai makna penting bagi setiap individu yang ada di tim. Orang bekerja dengan motivasi yang berbeda-beda. Namun, jika meraka merasa bahwa dengan bekerja akan memberikan makna yang besar dalam hidup mereka, maka hal itu akan secara signifikan akan memberikan dampak positif bagi pekerjaan yang dilakukan.

5. Impact: Anggota tim merasa pekerjaan mereka berarti dan memberikan dampak dan membuat perubahan menjadi lebih baik. Individu yang merasa pekerjaannya penting dalam sebuah tim akan mempunyai semangat dan performa yang lebih baik di dalam timnya. Bayangkan jika ia merasa pekerjannya tidak penting atau merasa bahwa ada rekannya yang pekerjaannya lebih penting dibanding pekerjaan yang dijalankannya. Kemungkinan besar, hasil pekerjaannya tidak akan maksimal. Peran Anda sebagai pemimpin adalah menimbulkan kesadaran, meningkatkan dan menjaga agar tiap anggota tim Anda mempunyai arti penting bagi kemajuan perusahaan.

5 Kunci Tim yang Sukses

sumber: rework.withgoogle.com
gambar: intrawallpaper.com
5 Kunci Tim yang Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *