25 Aktivitas Pelatihan agar Pelatihan Lebih Menarik (2)

25 Aktivitas Pelatihan agar Pelatihan Lebih Menarik (2)

Berikut adalah pointers 13 sampai 25 :

13. What I Find Most Difficult. Aktivitas ini mirip aktivitas Four Questions, namun bukan pertanyaan yang ditulis di flipchart, tetapi topik dan sub topik yang telah Anda bawakan. Peserta diminta untuk maju ke flipchart dan memilih topik yang mereka anggap paling sulit. Kemudian, disebelahnya minta mereka menulis secara spesifik di bagian mana dari topik tersebut yang sulit. Kemudian, setelah mereka duduk kembali, jelaskanlah kepada mereka akan topik tersebut kembali. Keuntungan aktivitas ini, Anda dapat melihat efektivitas pengajaran Anda sekaligus menemukan ‘kerikil-kerikil sandungan’ dari materi yang Anda bawakan.

14. Demonstrate and Graduate. Ada pepatah berbunyi: sebuah gambar mewakili ratusan kata. Sedangkan demo, simulasi, video, mewakili ribuan kata. Untuk menunjukkan hal ini buatlah sebuah demo atau video yang behubungan dengan materi yang sedang dibawakan. Jika memungkinkan, dalam sesi demo ajaklah peserta terlibat aktif. Kemudian tanyalah peserta mengenai demo / video yang telah mereka saksikan.

15. Most | Least Useful. Buatlah enam sampai tujuh isu krusial dari materi yang Anda bawakan dan tuliskan di beberapa kertas flipchart yang terpisah. Kemudian tempelkan di sekeliling dinding ruangan. Kemudian, mintalah peserta mengamatinya dan memilih mana yang menurut mereka yang paling tepat dapat diaplikasikan di aktivitas keseharian. Minta mereka menuliskan alasannya di selembar kertas.
Reviewlah beberapa jawabannya. Lalu dengan penjelasan yang Anda berikan minta mereka memilih mana yang paling mungkin dilakukan. Ulangi aktivitas ini sampai semua jawaban dibahas. Selama review, Anda bisa menghilangkan ‘gap’ yang terjadi antara pemahaman mereka dengan konsep yang telah Anda sampaikan.

16. Best Summary. bagilah kelas ke dalam kelompok – kelompok kecil yang beranggotakan 4 sampai 7 orang. Berilah mereka topik bahasan dalam selembar kertas yang berbeda-beda untuk setiap kelompok. Minta mereka mendeskripsikan topik yang Anda beri dengan bahan dari materi yang telah Anda sampaikan. Setelah semua kelompok selesai, reviewlah dalam kelas sehingga kelompok yang lain dapat menambahkan.

17. Pretest. – Sebelum kelas dimulai, bagika pretest kepada peserta, minta mereka menjawab sebisa mereka (karena materi belum disampaikan). Setelah selesai, anda dapat memulai pembahasan materi dengan memberikan jawaban yang benar bagi tiap soal.

18. Jeopardy. Bagilah kelas menjadi beberapa kelompok dan tugaskan mereka untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di layar (pertanyaan ini sudah Anda siapkan sebelumnya). Siapkan uang-uangan dengan nilai yang berbeda-beda. (Misal: Rp. 200, 400, 800, 1000). Group yang paling benar mendapatkan nilai tertinggi sedangkan yang kurang benar mendapatkan nilai dibawahnya. di akhir sesi, kelompok yang mempunyai nilai paling tinggi yang menang.

19. What It Is | Why It’s Good | What Could Go Wrong. Bagilah kelas kedalam tiga kelompok. Kelompok I diberi tugas untuk menyiapkan key points dari materi yang sudah Anda presentasikan. Kelompok II diberi tugas untuk bagaimana menjalankan / mengaplikasikan materi yang telah Anda berikan. Kelompok III diberi tugas untuk mencari jawaban hal buruk apa yang terjadi sekiranya mereka tidak menjalankan apa telah Anda sampaikan.

20. Best Answer. Bagilah kelas menjadi 3-5 kelompok. Berilah tiap kelompok beberapa kertas warna yang berbeda dalam jumlah tertentu. Misalnya: 3 set kertas merah, 3 set kertas hijau, 3 set kertas biru. Tetapi, warna dalam satu kelompok harus sama. Kemudian, mintalah tiap kelompok membuat pertanyaan bagi kelompok yang lain yang ditulis di kertas warna yang disediakan. Jumlah pertanyaannya sejumlah kertas warna. Kertas warna yang telah diberi pertanyaan kemudian dimasukkan kedalam tas dan tas itu kemudian diputar ke kelompok yang lain. Tiap kelompok wajib menjawab pertanyaan yang diberikan dalam 1 set kertas warna. Demikian pula kelompok yang lain. Setelah tas kembali ke kelompok asal, maka kelompok yang memberi pertanyaan menghitung nilainya. Group yang jawabannya paling banyak benarnya, dia yang menang.

21. BINGO. Gunakan aktivitas ini selama sesi pelatihan. Catatlah pointers penting selama sesi dan tuliskan dalam kartu BINGO. Ketika peserta mencapai bingo (dengan aturan yang Anda modifikasi sendiri) maka permainan berakhir.

22. Practice Case (Role Play). Jangan sebut hal ini dengan Role Play! Karena peserta pasti tidak akan benar-benar suka melakukannya. Gantilah dengan Kasus Aplikasi / Praktek. Role play hanya akan baik hasilnya jika persiapan matang telah dilakukan. Seringkali yang terjadi adalah kelompok ‘memilih’ wakilnya untuk memerankan role play yang diberikan. Dengan menggantinya dengan istilah Praktek maka akan mengurangi ‘resiko’ dan dapat mengeluarkan potensi peserta lebih banyak karena labih banyak yang ingin terlibat. istilah ini juga mengurangi ketidaksukaan peserta ketika mereka diharuskan melakukan role play padahal mereka sedang tidak ingin melakukannya.

23. Two Truths and a Lie. Bagilah kelas kedalam kelompok kelompok yang beranggotakan 3 – 7 orang. Minta mereka mendiskusikan 3 pointers akan materi yang baru disajikan dan menuliskannya di flipchart. Dua berisi pernyataan yang benar dan satu pernyataan salah. Kemudian mereka berkeliling ke flipchart yang lain dan mereka harus menebak mana yang benar dan mana yang salah. Tutup dengan final review.

24. Both Sides of the Issue. Buatlah flipchat dengan huruf ‘T’ yang besarnya maksimal. Kemudian tulislah topik diatas huruf ‘T’ yang dibuat. Kemudian di huruf ‘T’ yang kiri dan kanan, isilah dengan isu yang berlawanan (both side) Misalnya: diatas huruf ‘T’ isinya Presentation Skill. Di ‘T’ kiri berisi “Hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk membuat presentasi yang menarik?. Maka ‘T’ kanan berisi “Hal apa saja yang bisa membuat presentasi menjadi buruk? Bagilah kelas menjadi beberapa kelompok dan minta mereka membahasnya.

25. Crumpled Question Toss Penting: Aktivitas ini akan berjalan baik jika Anda benar-benar menguasai materi. Berilah peserta selembar kertas dan minta tiap orang untuk menuliskan pertanyaan mengenai materi yang telah Anda sajikan. Kemudian, mintalah mereka meremasnya menjadi gulungan bola kecil dan melemparkannya (pelan-pelan) ke peserta lain. Peserta yang terkena lemparan wajib membuka kertas tersebut harus menjawab pertanyaan yang tertulis. Tambahkan keterangan yang diperlukan.

sumber: The Trainers Survival Guide: 25 Activities to Make Lecture Base Program Active

© 2004 Business Training Works, Inc. www.businesstrainingworks.com
Permission granted to copy in full for educational purposes, provided that this notice appears with the material.

gambar: 4.bp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *