10 Peran Manager Menurut Mintzberg

10 Peran Manager Menurut Mintzberg

10 Peran Manager Menurut Mintzberg. Pakar Manajemen, Prof. Hendry Mintzberg mengatakan bahwa ada 10 peran manager (utama) yang bisa digolongkan ke dalam fungsi fungsi yang berbeda. Hal itu ditulisnya dalam buku Mintzberg on Management: Inside our Strange World of Organizations pada tahun 1989. 10 peran manager menurut Mintzberg itu adalah:
1. Figurehead
2. Leader
3. Liaison
4. Monitor
5. Disseminator
6. Spokesperson
7. Entrepreneur
8. Disturbance Handler
9. Resource Allocator
10. Negotiator

Kesepuluh peran itu kemudian digolongkan ke dalam 3 kategori:
Kategori Interpersonal: Figurehead, Leader, Liason
Kategori Informational: Monitor, Disseminator, Spokesperson
Kategori Decisional: Entrepreneur, Disturbance Handler, Resource Allocator, Negotiator
Mari kita bahas peran manager sesuai dengan kategorinya.

Kategori Interpersonal. Peran manager di kategori ini adalah memberikan informasi dan ide.
Figurehead: Manager berperan sebagai sosok atau figur dari organisasi yang diwakili. Manager mempunyai fungsi sosial, seremonial dan tanggungjawab hukum. Manager diharapkan sebagai sumber inspirasi. Orang-orang melihat manager sebagai sosok yang mempunyai otoritas dan panutan.

Leader: Manager berperan sebagai pemimpin bagi timnya, departemennya dan bagi organisasinya. Di fungsi ini manager bertanggungjawab terhadap performa kinerja dan tanggung jawab setiap anggotanya.

Liaison: Manager berperan sebagai penghubung baik dengan internal dan eksternal. Karena itu penting sekali bagi manager untuk membangun kemampuan membuat jaringan baik di internal maupun eksternal.

Kategori Informational. Peran manager di bagian ini berkaitan dengan pengelolaan informasi.
Monitor: Manager memonitor timnya baik dari sisi produktivitas dan kesejahteraannya. Manager juga secara rutin mencari informasi mengenai perkembangan di organisasi dan industri serta perubahan-perubahan yang menyertainya.

Disseminator: Manager berperan mengkomunikasikan informasi yang ada baik kepada kolega maupun kepada timnya.

Spokesperson: Manager mewakili / menjadi juru bicara dan berbicara atas nama organisasi. Di peran ini manager bertanggung jawab menyampaikan informasi mengenai organisasi dan tujuan yang hendak dicapai kepada pihak luar.

Kategori Decisional. Berkaitan dengan peran manager menggunakan informasi. Ini adalah kategori terakhir dari 10 peran manager menurut Mintzberg.
Entrepreneur: Manager bertanggung jawab akan perubahan yang terjadi di dalam organisasi. Ini bermakna: memecahkan masalah, menciptakan ide-ide baru serta menerapkannya.

Disturbance Handler: Manager bertanggungjawab jika ada hambatan yang terjadi di organisasi.

Resource Allocator: manager berperan untuk menentukan apakah sumber daya yang dibutuhkan adalah yang terbaik untuk mencapai tujuan organisasi. Termasuk juga dalam segi pendanaan, sumber daya manusia dan sumber daya lain yang dibutuhkan.

Jika Anda sebagai manager, maka Anda bisa menggunakan model ini sebagai model untuk referensi dan self assessment, mengenai hal-hal yang sudah Anda lakukan sebagai manager.

sumber: mindtools.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *